Semua Tentang Baby Spa

Seperti yang kita ketahui, salah satu cara untuk memanjakan diri ketika kita lelah atau jika kita hanya ingin menyegarkan tubuh dan pikiran maka tempat yang paling sesuai untuk melakukannya ialah pergi ke spa. Namun, saat ini pun sudah ada tempat yang menawarkan spa namun khusus untuk bayi. Jika berencana ingin melakukannya untuk si kecil, pahami terlebih dahulu semua tentang baby spa berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Mengenal baby spa
– Sesi-sesi baby spa
– Manfaat baby spa
– Hal-hal sebelum melakukan baby spa

Mengenal Baby Spa
Baby spa adalah sebuah perawatan yang dirancang khusus bayi usia 3 minggu hingga 3 tahun untuk memberikan stimulasi positif pada tumbuh kembangnya. Sebagian besar baby spa dibagi menjadi dua sesi, antara lain:

1. Sesi Pertama
Dikutip dari Detik.com, bayi Anda akan berendam di kolam khusus menggunakan pelampung khusus agar bisa mengambang di air. Lamanya berendam dan berenang tergantung pada reaksi bayi Anda ketika pertama kali memasuki air, akan tetapi umumnya berlangsung selama 10 sampai 15 menit. Jika dia sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit.

Air kolam hangat biasanya akan diganti setiap sesi berakhir. Karena sudah menggunakan teknologi filter ozon maka untuk kolam bayi berusia lebih dari 6 bulan, airnya mungkin tidak selalu diganti setiap sesinya.

2. Sesi Kedua
Perlu Anda ketahui, terdapat manfaat pijat pada bayi. Nah di sesi kedua ini, bayi Anda akan dipijat oleh seorang terapis yang sudah bersertifikat. Pijat bayi ini berlangsung selama sekitar 15 menit. Beberapa tempat spa juga ada yang memungkinkan Anda atau pasangan Anda untuk belajar memijat bayi sendiri. Namun semua bergantung pilihan Anda, jika masih ragu biarkan terapis saja yang memijat bayi Anda.

Manfaat Baby Spa
Karena popularitasnya yang semakin meningkat, para ahli mulai mencari manfaat baby spa bagi perkembangan mental dan fisik bayi. Menurut berbagai penelitian, baby spa bagus untuk tumbah kembang si kecil. Di bawah ini berbagai manfaat baby spa dari berbagai gerakan yang ada di baby spa:
1. Membantu bayi melatih keseimbangannya
2. Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh
3. Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi
4. Membuat bayi merasa lebih rileks dan tenang
5. Mencegah masalah pencernaan
6. Mendorong perkembangan otak melalui stimulasi sensorik
7. Dengan baby spa, otomatis Anda mengajarkan bayi bersosialisasi dengan bayi lain

Hal-Hal Sebelum Melakukan Baby Spa
Meskipun baby spa diyakini bermanfaat, dokter anak tidak melihatnya sebagai kewajiban. Karena sebenarnya hal ini pun bisa Anda lakukan di rumah. Namun, jika Anda ingin memperkenalkan bayi pada pengalaman baby spa, tidak ada salahnya untuk mencoba. Akan tetapi, perhatikan hal-hal sebelum melakukan baby spa di bawah ini:

1. Sebelum bergabung dengan baby spa, bayi harus kenyang dan tidak sedang mengantuk. Jika lapar dan mengantuk, bayi Anda tidak akan bisa menikmati baby spa.

2. Cari tahu dan tanyakan metode penyaringan air kolam, bahan kimia apa saja yang ada di kolam, minyak pijat apa yang digunakan, dan hal-hal lain tentang kebersihan dan keamanan spa. Karena sistem imun bayi belum sempurna sehingga masih sangat rentan terhadap kuman, bakteri, dan bahan kimia.

3. Cobalah untuk bergabung dengan baby spa dengan bayi lain yang Anda kenal dekat dengan orang tuanya. Ini agar Anda dapat menghindari risiko bayi Anda berendam di kolam yang sama dengan bayi lain dengan masalah kesehatan infeksi tertentu.

4. Setiap bayi memiliki proses perkembangan yang berbeda. Anda harus menilai sendiri apakah bayi Anda siap secara fisik dan mental untuk bergabung dengan baby spa.

Demikianlah penjelasan semua tentang baby spa yang bisa Anda ketahui. Siapkan mental bayi Anda dan selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + eleven =

%d bloggers like this: