Minuman Kemasan yang Boleh & Tidak Boleh Diminum Anak

Ketika anak dibawa kepusat perbelanjaan seperti supermarket, selain mainan pastinya semua makanan dan minum rasanya ingin dia masukkan ke dalam keranjang belanja Anda. Makanan manis seperti coklat dan permen tidak luput dari pengawasannya, termasuk juga minuman manis. Dalam memilih minuman juga tidak boleh sembarangan, karena ada minuman kemasan yang boleh & tidak boleh diminum anak.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Berbagai minuman kemasan yang boleh & tidak boleh diminum anak
– Kandungan yang ada diminuman kemasan
– Alternatif pengganti minuman kemasan

Tidak semua minuman sehat menjanjikan kesehatan pula untuk anak. Untuk itu, harap dicatat bahwa tidak semua jenis minuman kemasan minuman aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Jadi orang tua harus berperan dalam memilih minuman kemasan yang sehat untuk anak mereka.

Berikut minuman yang boleh diminum anak, antara lain:

1. Minum Probiotik
Minuman probiotik terbuat dari susu fermentasi yang berfungsi untuk membunuh bakteri parasit yang ada di usus. Minuman ini dapat dikonsumsi oleh anak karena kegunaannya membantu melawan bakteri di usus. Sehingga bisa langsung membantu menambah nafsu makan anak.

2. Yoghurt
Yogurt adalah salah satu jenis minuman anak-anak yang memiliki sumber kalsium tinggi. Dengan kandungan gula rendah sekitar 200 ml. Meski masing-masing merek yogurt mengemas beragam kandungan kalsium, tetapi Anda harus memilih yogurt dengan kandungan kebutuhan kalsium 15-35% per hari. Dan akan lebih sehat jika Anda membeli yogurt tawar yang dapat Anda tambahkan sedikit madu atau potongan buah segar.

Berikut minuman yang tidak diperbolehkan untuk diminum oleh anak, antara lain:

1. Teh Kemasan
Kita perlu tahu bahwa sebagian besar teh kemasan yang dijual di pasaran mengandung kadar gula yang tinggi. Yang umumnya memiliki kandungan gula mencapai 21 gram per 250 ml teh kemasan. Teh kemasan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anak-anak karena mengandung zat tannin. Zat tannin adalah zat yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Jika zat ini dikonsumsi terus menerus akan berpotensi menyebabkan gejala anemia pada anak-anak.

Selain itu, teh kemasan juga mengandung kafein tinggi yang dapat mengganggu saraf otak anak bahkan hingga kerusakan ginjal. Sempat menjadi perdebatan bolehkah teh menjadi pengganti susu anak? pernah kami bahas sebelumnya. Sebagai alternatif Anda bisa membuat teh celup hangat atau teh tubruk di rumah untuknya. Karena teh celup ataupun teh tubruk lebih aman dikonsumsi anak dengan kandungan gula yang bisa Anda atur sendiri.

2. Jus Buah Kemasan
Tidak ada yang bisa menjamin bahwa jus buah kemasan sepenuhnya baik untuk anak-anak. Ada hal-hal tertentu yang membuat jus buah kemasan berbahaya bagi kesehatan anak-anak. Diantaranya adalah adanya zat gula yang cukup tinggi hampir sama besar dengan minuman bersoda. Dengan kandungan gula 115 kalori per 250 ml kemasan. Dikutip dari Okezone.com, banyak mengkonsumsi gula secara terus menerus dapat menyebabkan diabetes. Sedangkan kandungan asamnya bisa merusak enamel pada gigi anak. Sebagai alternatifnya, Anda buat sendiri jus buah di rumah dengan tanpa atau sedikit gula.

3. Minuman Bersoda
Minuman dengan soda atau minuman berkarbonasi tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Hal ini dikarenakan kandungan karbohidrat dan gula yang sangat tinggi dalam minuman bersoda bisa menyebabkan gejala obesitas dan berat badan yang berlebihan. Selain itu, minuman bersoda juga bisa mengurangi kandungan kalsium dalam tubuh si anak yang dapat menyebabkan pengeroposan tulang dan kerusakan gigi. Oleh sebab itu minuman bersoda tidak baik untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.

Demikianlah artikel ini kami buat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 + 11 =

%d bloggers like this: