Permainan Sederhana yang Membantu Anak Cerdas Matematika

“Matematika”, mendengarnya saja sudah membuat anak terbayang sesuatu yang menakutkan yang ada di sekolah. Seperti yang kita tahu, matematika menjadi pelajaran yang dianggap rumit dan membutuhkan waktu untuk memecahkan soalnya, itulah sebabnya anak malas belajar matematika. Untuk itu, kita sebagai orang tua sudah seharusnya putar otak untuk membuat anak menikmati dan menguasai matematika melalui permainan sederhana yang membantu anak cerdas matematika.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Mengenai belajar matematika
– Permainan sederhana yang membantu anak cerdas matematika

Tidak perlu mengajarinya setiap malam untuk fokus belajar matematika. Anda dapat membantunya melalui permainan-permainan sederhana yang membantu anak cerdas matematika, berikut permainannya:

Bermain monopoli
Dengan bermain monopoli, anak akan mempraktekkan kemampuan untuk menghitung langkah-langkah sesuai dengan jumlah dadu yang keluar. Tidak hanya itu, keterampilan analisanya juga dipertajam dengan memikirkan strategi sehingga ia dapat memiliki properti yang tersedia, tanpa kehabisan uang yang dimilikinya. Itulah mengapa permainan monopoli juga dijadikan salah satu dari tips mengajarkan anak tentang uang.

Membagi kue ulang tahun
Jika anak masih kecil, namun Anda juga ingin mengasah kecerdasan matematikanya. Maka Anda dapat melakukan permainan seperti membagi kue ulang tahun. Buat seolah anak Anda sedang mengadakan pesta kecil bersama boneka dan mainan kesayangannya yang dijadikan sebagai tamu undangan yang datang.

Kemudian Anda dapat mengambil beberapa sendok yang diatur (disusun) seperti kipas. Sendok ini dianggap sebagai kue ulang tahun yang akan dibagikan kepada tamu undangan. Mintalah anak untuk membagi sendok tersebut dengan instruksi yang berbeda. Misalnya, Anda dapat mengatakan, “Untuk boneka kuda, berikan 2 potong kue dan untuk robot berikan 3 kue, ya.” Dengan demikian, anak Anda akan dengan mudah belajar mengerti dan memahami matematika.

Tebak angka
Dikutip dari Liputan6.com, salah satu permainan yang mudah untuk dipraktekkan dan efektif dalam membantu anak-anak belajar berhitung adalah permainan tebak angka atau menghitung angka. Anak dapat mengajukan pertanyaan seperti “Apakah angka ini lebih besar dari 5? Lebih kecil dari 8?” Atau pertanyaan lain seperti “Bisakah angka ini dibagi 2?”

Besarnya angka yang dapat ditebak dapat disesuaikan dengan kemampuan dan usia anak Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini akan mengasah kemampuan untuk berpikir, menganalisis, dan tentu saja memperdalam kecerdasan anak dalam matematika.

Bermain pasar-pasaran
Pada dasarnya, semua anak suka bergaya seperti orang dewasa, sama seperti melakukan transaksi jual beli di pasar. Orang tua dapat memainkan perannya sebagai penjual, kemudian anak berperan sebagai pembeli. Dengan permainan ini, anak Anda akan belajar menghitung berapa nominal harga barang, berapa nominal uangnya dan berapa nominal uang kembaliannya.

Membedakan kartu dengan titik-titik lebih banyak
Permainan yang satu ini mungkin memerlukan lebih banyak persiapan, tetapi hasilnya tidak perlu diragukan lagi. Ambillah beberapa kertas, potong-potong layaknya sebuah kartu. Gambarlah beberapa titik besar di setiap kartu dengan warna yang berbeda. Gambar 5 titik kuning dalam satu kartu, lalu 7 titik biru di sisi lainnya, begitu seterusnya. Gunakan warna berbeda untuk setiap kartu.

Berikan anak 2 kartu dengan nomor yang berbeda, kemudian minta anak untuk menunjukkan kartu mana yang memiliki titik lebih banyak. Mulailah dengan dua kartu yang memiliki jumlah titik yang cukup berbeda, seperti 6 dan 17. Kemudian secara bertahap sodorkan kartu-kartu yang angkanya beda-beda tipis, katakanlah 8 dan 9. Perlu Anda ketahui, permainan ini sering digunakan dalam penelitian untuk mengevaluasi kemampuan matematika anak. Hasilnya, anak-anak yang diajak untuk bermain dapat menjawab pertanyaan matematika dengan jawaban yang benar hingga 80%.

Dengan berbagai permainan anak-anak di atas, secara tidak sadar anak Anda telah mengasah otak dengan hati yang riang. Metode ini juga cukup efektif untuk menghubungkan kedekatan antara anak dan orang tua. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 7 =

%d bloggers like this: