Mengapa Anak Perlu untuk Les Piano Sejak Dini?

Tidak sedikit orang tua yang melibatkan anaknya untuk lebih aktif di sektor musik, seperti misalnya les piano. Melatih anak bermain musik dapat memberikan manfaat yang berarti bagi tumbuh kembangnya. Bahkan riset menyatakan bahwa hal semacam ini bisa menunjang anak membangun keterampilan bahasa mereka. Terdapat beberapa alasan mengapa anak perlu untuk les piano sejak dini? Berikut penjelasannya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Usia ideal mengenalkan musik pada anak
– Alasan mengapa anak perlu untuk les piano sejak dini

Dikutip dari Vemale.com, musik merupakan salah satu hal yang penting untuk perkembangan anak. Piano merupakan salah satu alat musik yang memiliki 88 tuts dan juga tiga pedal pengatur suaranya. Les piano dapat diberikan sejak kecil, hal tersebut penting untuk membantu anak mencari jati dirinya.

Sebaiknya sejak usia 2 atau 3 tahun, Anda sudah bisa memperkenalkan musik pada anak. Dan untuk mengenal not balok dan membaca nada sebaiknya dilakukan saat usia anak 6-7 tahun. Berikut alasan mengapa anak perlu untuk les piano sejak dini, antara lain:

1. Belajar piano dapat meningkatkan konsentrasi anak
Ketika anak-anak belajar memainkan piano maka ada puluhan kunci yang harus dipelajari. Semua not dalam musik piano akan membutuhkan kunci. Kemudian gerakan jari-jari tangan kanan dan kiri harus bergerak seimbang dengan ritme yang cepat atau sangat lambat. Ketika proses ini terjadi maka semua sistem saraf di otak akan berfungsi untuk saling mendukung. Memang ini terlihat sangat sulit tetapi anak-anak yang telah belajar sejak kecil dapat memiliki tingkat konsentrasi yang lebih baik. Dan telah terbukti bahwa anak-anak yang belajar piano dari kecil biasanya memiliki tingkat prestasi yang lebih tinggi di sekolah daripada anak-anak lain.

2. Dapat meningkatkan kepercayaan diri
Ketika anak mau belajar piano maka biasanya mereka juga harus bermain di depan orang lain. Meski hanya bermain di depan keluarga, teman atau guru maka anak harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Karena itulah anak harus belajar percaya pada dirinya sendiri dan berusaha menjadi yang terbaik. Ketika anak mampu memiliki perasaan-perasaan ini maka itu juga sangat baik untuk pendidikan anak-anak.

3. Sangat baik untuk emosi anak-anak
Permainan piano telah dipelajari untuk perkembangan anak-anak dengan masalah emosional. Seperti misalnya yang terjadi pada anak-anak dengan gangguan ADHD dan autisme. Dan bunyi piano sangat bagus untuk menenangkan emosi dan meningkatkan mood anak. Perubahan ritme, nada dan volume piano dapat membuat anak kurang emosional. Bahkan anak yang marah bisa menjadi lebih tenang dengan mendengarkan piano. Tentu saja nada yang dimainkan harus sesuai dengan keadaan emosi.

4. Sangat baik untuk keterampilan fisik anak-anak
Ketika belajar piano, anak Anda menggunakan semua bagian tubuh untuk koordinasi, mulai dari mata, tangan, jari, kepala, lengan dan kaki. Piano akan mendorong anak-anak menjadi lebih ahli dalam keseimbangan fisik.

5. Untuk melatih anak agar sabar dan disiplin
Bermain piano tidaklah mudah dan terkadang banyak masalah rumit yang bisa terjadi. Ini juga mendorong anak untuk menjadi orang yang sangat sabar. Anak akan mencoba mengulang piano beberapa kali hingga sempurna. Dan bahkan untuk mencapai hasil seperti ini maka anak harus berlatih secara teratur. Untuk bisa berlatih dengan rutin maka anak harus disiplin antara waktu bermain, belajar dan sekolah.

Demikianlah beberapa alasan kenapa anak perlu untuk les piano. Masukkan anak ke sekolah musik dan kembangkan bakatnya sejak dini. Semua manfaat ini memang sangat penting untuk masa depan anak kelak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × two =

%d bloggers like this: