Peralatan untuk Memandikan Bayi Baru Lahir

Peralatan untuk memandikan bayi baru lahir, memang harus dipersiapkan. Sehingga akan lebih mudah saat Anda akan memandikannya, sekaligus juga akan membuatnya merasa nyaman dan aman. Seperti yang Anda ketahui, jika bayi merasa tidak nyaman pastinya ia akan memberi isyarat lewat tangisannya. Agar kegiatan mandi menjadi aman dan nyaman untuknya, maka Anda perlu persiapan peralatan untuk memandikan bayi baru lahir berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Seputar memandikan bayi baru lahir
– Persiapan peralatan untuk memandikan bayi baru lahir

Proses memandikan bayi akan menyenangkan sekaligus menakutkan terutama bagi Anda yang baru menjadi seorang ibu. Benar saja, memandikan bayi tidaklah semudah yang dibayangkan oleh Anda. Terapkan tips dalam memandikan bayi yang pernah kami posting sebelumnya.

Sebagai ibu yang pertama kali memandikan bayi mungkin bisa minta tolong seseorang yang lebih berpengalaman. Dikutip dari Liputan6.com, peralatan mandi merupakan salah satu dari lima perlengkapan penting untuknya. Saat Anda ingin memandikan bayi peralatan khusus untuknya memang perlu untuk Anda siapkan. Perawatan bayi baru lahir lebih sulit daripada bayi yang berusia 6 bulan ke atas.

Untuk itu berikut ini adalah peralatan untuk memandikan bayi baru lahir yang perlu Anda siapkan, diantaranya:

Kain waslap
Anda juga membutuhkan kain lap atau spons mandi untuk bayi. Mulailah untuk membuka pakaiannya satu per satu agar dia tidak kedinginan. Cuci tubuhnya dari leher ke bawah.

Bak mandi bayi
Sebelum Anda memandikan bayi Anda, pastikan bak mandi dan airnya sudah siap untuk digunakan. Anda dapat melapisi bagian bawahnya dengan handuk atau spons, sehingga bayi Anda terasa lebih nyaman dan aman.

Sabun bayi
Penggunaan sabun, sebenarnya bisa mengganggu stabilitas pH tubuh bayi Anda. Sehingga Anda disarankan untuk memilih produk yang bebas dari parfum dan hypoallergenic. Penggunaan sabun tidak perlu setiap hari, gunakan hanya 1 kali setiap minggu atau bahkan setiap 2 minggu sekali, sampai bayi Anda tumbuh lebih besar dan berinteraksi dengan lebih banyak kotoran.

Shampoo bayi
Hindari pemilihan shampoo yang bisa membuat perih matanya. Gunakan shampoo 1 atau 2 kali per minggu. Caranya mudah, teteskan 2 sampai 3 tetes shampoo di kepala bayi Anda, lalu gosok dan bilas secara perlahan.

Bantal dan Handuk
Penggunaan bantal dan handuk akan sangat membantu proses menyeka tubuh basah bayi Anda. Apalagi tangan Anda harus tetap terus menggendong si kecil. Yang perlu Anda lakukan adalah lapisi bantal di atas handuk dan letakkan bayi Anda di atasnya. Jangan lupa, kegiatan ini harus Anda lakukan di ruangan tertutup, agar bayi Anda tidak kedinginan.

Produk kulit bayi
Penggunaan lotion dan bedak untuk bayi memang masih menjadi kontroversi. Sebenarnya, terlepas dari itu semua yang perlu Anda lakukan ialah hindari menggunakan produk yang menggunakan parfum, dan hindari penggunaan bedak tabur, karena dapat menyebabkan gangguan pernafasan pada bayi Anda.

Gunting kuku
Setelah ia selesai mandi, kukunya akan menjadi sangat lembut sehingga ini saat yang tepat untuk merapikan kukunya. Pemotongan kuku penting dilakukan untuk menghindari cakaran yang dapat melukai dirinya sendiri.

Sikat halus
Anda juga membutuhkan sikat yang sangat halus untuk membersihkan kerak atau kotoran yang melekat pada kulit kepala bayi Anda. Lakukan hal ini secara rutin selesai ia mandi.

Demikianlah peralatan untuk memandikan bayi baru lahir yang bisa Anda terapkan di rumah. Ingatlah untuk selalu memberikan yang terbaik untuk sang buah hati tercinta. Mandi juga merupakan hal yang wajib dilakukan untuk bayi agar tubuhnya senantiasa bersih, sehat dan harum. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 + nineteen =

%d bloggers like this: