Panduan Tepat Mencuci Selimut Anak Berdasarkan Bahannya

Selimut anak berfungsi untuk melindungi tubuh anak dari gigitan nyamuk, udara dingin, menambah kenyamanan istirahat dan mempercantik ruangan kamar anak. Agar selimut anak tetap terlihat cantik dan bersih, kondisi selimut tersebut haruslah selalu dijaga, dirawat, dan dicuci dengan benar. Untuk mencuci selimut anak ini, Anda perlu mengetahui panduan tepat mencuci selimut anak berdasarkan bahannya yang kami uraikan pada kesempatan kali ini.

Pada kesempatan kali ini Anda mengetahui:
– Fungsi selimut
– Panduan tepat mencuci selimut anak berdasarkan bahannya

Saat ini terdapat beberapa bahan pembuat selimut yang menyebar di pasaran seperti misalnya bahan wol, kapas, bulu, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mencuci selimut anak Anda hari ini, maka terapkan panduan tepat mencuci selimut anak berdasarkan bahan selimut anak Anda, antara lain:

1. Selimut Berbulu
Namanya juga berbulu, selimut ini tentu mengandung bulu-bulu halus yang lembut. Jika selimut anak Anda merupakan selimut berbulu, maka Anda perlu mesin cuci dengan putaran ringan untuk membersihkannya. Selanjutnya, saat Anda akan mengeringkannya gunakan putaran dengan kecepatan yang ringan, meskipun akan memakan waktu lebih lama tetapi hal ini dijamin tidak akan merusak tekstur lembut dari selimut berbulu. Untuk mengeringkannya secara keseluruhan, letakkan di bawah sinar matahari langsung dan pastikan selimut benar-benar kering sebelum Anda menyimpan atau menggunakannya kembali.

Selain menjaga kebersihan, mencuci selimut berbulu secara teratur juga dimaksudkan agar Anda tidak terlalu berat saat membersihkannya. Proses pencucian yang kuat dan berat dapat merusak tekstur selimut anak dan menghilangkan kelembapan alami dari bahan yang digunakan. (Baca Juga: Review Palight Selimut Bayi Model Amplop)

2. Selimut Kapas
Perlu diingat bahwa selimut anak yang terbuat dari kapas tidak boleh dicuci dengan mesin cuci, hal ini penting untuk menjaga kondisinya tetap bagus seperti baru. Putaran dari mesin cuci memang bisa membantu melarutkan noda dan kotoran, tetapi juga menyebabkan selimut dari kapas jadi menggumpal. Usahakan untuk mencuci selimut ini hanya dengan campuran air dan ½ cangkir cuka yang dimasukkan ke dalam bak atau ember besar. Biarkan selama beberapa menit sebelum Anda mencucinya.

Setelah selimut dicuci, dilansir dari TribuStyle.com, Anda tidak harus mengeringkan selimut dengan bantuan mesin pengering, karena para ahli menyarankan agar Anda mengeringkan selimut jenis apapun termasuk selimut kapas di bawah sinar matahari untuk mengeringkan secara alami. Ini dapat membantu menjaga kondisi selimut anak tetap utuh dan baik.

3. Selimut Wol
Pada dasarnya, untuk menjaga selimut wol tidak berkerut, kusut dan kasar akibat suhu panas maka disarankan untuk mencuci selimut wol dengan mesin cuci berkecepatan rendah. Selain itu, gunakan pula air dingin dan deterjen khusus mencuci wol, agar selimut wol tetap lembut dan aman saat digunakan nanti. Sebelum mencuci selimut wol Anda perlu melihat kondisi cuaca, pastikan cuaca sedang cerah dan matahari bersinar terang tanpa awan sehingga selimut wol akan kering secara keseluruhan.

Demikianlah beberapa panduan tepat dalam mencuci selimut anak berdasarkan bahannya. Ingatlah untuk tidak mencuci selimut saat cuaca sedang mendung, agar selimut Anda tidak lembab dan mengeluarkan bau tidak sedap akibat selimut tidak kering sepenuhnya. Selain itu, hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika melakukannya adalah perbedaan kecepatan mesin cuci, cara mencuci dan cara mengeringkannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nineteen − 2 =

%d bloggers like this: