Ragam Susu Formula Untuk Si Kecil

Meskipun Air Susu Ibu (ASI) adalah asupan terbaik untuk sang buah hati, tetapi karena beberapa faktor tertentu akhirnya memaksa ibu memberikan si kecil susu formula sebagai nutrisi pendampingnya. Misalnya, seperti ketika seorang ibu harus kembali bekerja pasca melahirkan atau karena alasan pribadi lainnya. Namun, Anda perlu memperhatikan pilihan susu formula dengan cara mengenali ragam susu formula untuk si kecil agar sesuai dengan usia anak Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Mengenal susu formula
– Ragam susu formula untuk si kecil

Mengenal Susu Formula
Dilansir dari Kompas.com, susu formula adalah cairan atau bubuk dengan formula tertentu yang diberikan pada bayi dan anak. Susu formula umumnya terbuat dari susu sapi yang telah diolah agar cocok untuk dimimum oleh anak. Susu formula memberikan nutrisi tepat yang dibutuhkan untuk tumbuh dan kembangnya. Susu formula juga tersedia dalam berbagai jenis. Ibu hanya perlu menyesuaikannya dengan kebutuhan bayi.

Dan dalam memilih susu formula, Anda harus memperhatikan pilihan susu formula terbaik sehingga tidak muncul alergi atau komplikasi yang akan menimbulkan dampak buruk bagi kesehatannya. Biasanya, si kecil yang alergi terhadap susu formula akan muncul bintik-bintik merah di kulit dan bisa juga si kecil sering buang air besar atau diare. Untuk menghindari hal demikian, Anda juga dapat mengikuti tips aman & sehat bayi dengan susu formula yang telah kami posting sebelumnya.

Berikut ini beberapa ragam susu formula untuk si kecil yang perlu Anda ketahui:

1. Susu Formula Awal
Susu formula ini memiliki kandungan yang menyerupai ASI. Namun, manfaatnya tidak akan cocok dengan kandungan asli ASI. Umumnya, susu formula awal memiliki simbol angka “1” di kemasannya yang berarti diperuntukkan bagi bayi baru lahir hingga usia 6 bulan.

2. Susu Formula Lanjutan
Saat si kecil telah berusia 6 bulan ke atas, si kecil sudah dapat diberikan finger food atau makanan padat pendamping ASI (MPASI). Formula pada susu lanjutan disesuaikan dengan tahap belajar si kecil pada usia 6 sampai 12 bulan. Biasanya, susu formula lanjutan ditandai dengan angka “2” atau mencantumkan usia si kecil.

3. Susu Formula Tumbuh Kembangnya
Susu ini ditujukan untuk anak berusia 1 sampai 3 tahun, bahkan ada juga yang sampai 3 tahun ke atas. Ketika si kecil berumur di atas satu tahun, kebutuhan nutrisinya diperoleh dari makanan padat. Anda sebagai ibu, cukup memberinya 2 gelas susu perhari untuk memenuhi kebutuhan gizi hariannya. Jadi, ibu dapat fokus untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya melalui makanan padatnya.

4. Susu Formula Khusus
Susu formula khusus ini biasanya diperuntukkan untuk anak yang memiliki kelainan. Misalnya, untuk bayi prematur, berat badan bayi rendah, alergi susu sapi, intoleransi laktosa, sindro malabrorpsi, dan lain-lain. Bayi yang mengalami masalah ini tidak akan diberikan susu formula standar seperti untuk bayi biasanya. Selain itu, ada juga susu berprotein tinggi, yang diperuntukkan bagi penderita diabetes, gagal hati, dan gagal hati. Tentu saja susu formula bayi ini memiliki formula khusus sesuai dengan indikasi masalah yang ada pada bayi tersebut.

Ada begitu banyak jenis dan merek susu formula, oleh karena itu Ibu perlu berhati-hati dalam memilih susu formula yang tepat untuk si kecil. Anda juga harus berkonsultasi dengan dokter jika anak tersebut terindikasi alergi terhadap susu formula. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − nine =

%d bloggers like this: