Memahami Bahasa Tubuh Bayi

Saat bayi merasa bosan dan lelah, maka biasanya bayi akan memberi isyarat kepada orang sekitarnya melalui bahasa tubuhnya. Oleh sebab itu, sebagai orang tua Anda dituntut harus peka terhadap kebiasaan ini agar mudah memahami apa yang diinginkannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membantu Anda memahami bahasa tubuh bayi yang wajib untuk Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Isyarat bayi dalam menyampaikan perasaannya
– Memahami bahasa tubuh bayi

Ketika anak terlalu lama bermain dan tertawa hingga terbahak-bahak, pastinya ia merasa lelah dan ingin segera tidur. Namun, untuk mengekspresikannya, setiap bayi memiliki bahasa tubuhnya sendiri untuk memberi tahu orang tua mereka jika mereka sudah bosan dan lelah. Untuk itu, informasi berikut akan membantu Anda dalam memahami bahasa tubuh bayi sehingga Anda paham apa yang ingin disampai bayi kepada Anda:

1. Merengek
Merengek merupakan hal yang paling sering diekspresikan bayi. Namun, beberapa orang tua sering menganggap bahwa tangisan bayi yang sehat menunjukkan bahwa dia lapar. Faktanya, tidak semua bayi yang menangis menunjukkan bahwa dia ingin makan. Bisa jadi bayi sudah merasa bosan dengan mainannya dan ingin tidur nyenyak. Ketahui juga jenis-jenis tangisan bayi yang kami bahas sebelumnya.

2. Mata mengecil
Layaknya orang dewasa, ketika bayi lelah dan mengantuk tentunya mata bayi akan menyempit dan terlihat malas untuk dibukanya. Segera bersihkan tubuh bayi dan letakkan bayi di tempat tidurnya. Segera saja si kecil akan tertidur pulas.

3. Menguap
Meskipun dia masih bisa tertawa terbahak-bahak, tetapi jika beberapa kali dia menguap, Anda harus berhenti bermain bersamanya. Menguap adalah salah satu tanda umum untuk menunjukkan bahwa dia ingin tidur. Bersihkan tubuhnya dengan lap basah dan ganti bajunya dengan baju tidur agar si Kecil bisa tidur nyenyak.

4. Kakinya menendang-nendang
Dilansir dari Detik.com, pada saat kaki bayi Anda bergerak seolah menendang-nendang seperti ingin berlari ketika ia menemukan atmosfer dan orang baru, itu berarti ia membutuhkan perhatian orang-orang di sekitarnya. Untuk menanggapi situasi ini, Anda dapat menunjukkan sikap antusias sehingga tendangan yang dilakukan oleh bayi bisa menjadi salah satu cara dalam memperkuat otot-otot kakinya. Untuk membuat bayi Anda lebih antusias, Anda bisa memberinya sesuatu. Terus tatap wajah bayi Anda seolah-olah Anda memahami atau mengerti apa yang dirasakan dan dipikirkan bayi Anda.

5. Tangan lurus dan memukul-mukul ke bawah
Tanda-tanda melalui gerakan fisik cukup mudah dimengerti karena terlihat secara visual. Saat dia bosan dan ingin mengubah keadaan, biasanya dia akan membuat tangannya kaku dan memukul-mukul tempat tidurnya. Anda bisa membawanya ke tempat tidur atau mengganti permainannya.

6. Mengalihkan pandangan
Untuk mengatakan bosan, bayi akan mengalihkan pandangannya dan fokus pada hal-hal lain yang dilihatnya. Tentu ini mudah dimengerti karena dia enggan tertawa dengan permainan yang Anda tawarkan.

7. Mengusap wajah dan mata
Jika bayi Anda mengusap wajah dan matanya, itu pertanda ia sedang berusaha untuk memikat hati orang-orang di sekitarnya untuk melakukan permainan. Sementara itu, jika situasi ini terjadi pada waktu tidur, bahkan disertai dengan keadaan merengek itu berarti dia ingin tidur. Langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menanggapi kondisi bayi adalah membaca situasinya terlebih dahulu. Jika situasi ini terjadi bukan pada jam atau waktu dia tidur, maka itu adalah tanda bahwa anak Anda ingin bermain.

Itulah tadi beberapa informasi yang dapat membantu Anda memahami bahasa tubuh bayi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + four =

%d bloggers like this: