Menu Bekal Si Kecil Dari Olahan Ikan

Kebanyakan bekal dari olahan ikan kurang disukai anak. Selain repot karena harus memisahkan duri dan daging saat dikonsumsi, ikan juga mengeluarkan bau amis yang terkadang menghilangkan nafsu makan si anak. Padahal konsumsi ikan yang kaya gizi sangat penting bagi pertumbuhan anak. Kalau begini, Anda sebagai orang tua-lah yang harus kreatif dalam mengkreasikan menu dari ikan agar disukai anak. Untuk itu di bawah ini kami bagikan menu bekal si anak dari olahan ikan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Alasan anak tidak suka makan ikan
– Menu bekal si anak dari olahan ikan

Memasuki usia 4 tahunan, pastinya Anda telah memiliki rencana untuk memasukkan si kecil ke playgroup supaya ia dapat belajar mengenal lingkungannya sekaligus mengenal teman-teman barunya. Usahakan untuk meneminanya saat awal masuk sekolah untuk menghilangkan rasa takut si kecil akan lingkungan barunya. (Baca Juga: 4 Menu Sarapan Pagi Anak nan Sehat & Praktis)

Biasanya saat ia merasa nyaman dengan sekolahnya, membuat ia melewatkan sarapan dan memilih untuk segera pergi ke sekolahnya. Namun, jangan biarkan kebiasaan ini terlalu lama karena bisa mengganggu kesehatan dan pertumbuhannya. Pancinglah nafsu makan si anak dengan menghadirkan aneka makanan yang enak. Dan olahan ikan bisa menjadi kudapan yang lezat untuk menu bekal anak Anda di sekolahnya.

Berikut beberapa menu olahan ikan yang baik untuk si kecil, sebagai berikut:

1. Nugget Ikan
Seperti yang dikutip dari Vemale.com, cadangan nugget ikan buatan sendiri yang dibekukan bisa menjadi salah satu menu olahan ikan yang sangat praktis karena tidak membutuhkan waktu lama untuk memasaknya.

Untuk membuat nugget ikan yang perlu Anda lakukan adalah memisahkan ikan dari daging dan duri (fillet) ikan terlebih dahulu, lalu lumuri dengan saus tiram, garam dan merica. Biarkan ikan yang telah difillet tersebut meresap dengan baik bersama campuran bumbu-bumbu tadi. Kemudian, masukkan ke dalam wadah yang berisi putih telur dan baluri dengan tepung panir atau tepung roti. Agar lebih sehat, olahan nugget ikan ini bisa Anda panggang. Tambahkan juga kentang, buncis, dan wortel panggang sebagai penguat nutrisi bagi tubuh si kecil.

2. Burger Ikan
Kudapan dari ikan ini terbilang sangat mudah untuk dijadikan menu sarapan sekaligus menu bekal buat si kecil. Caranya, ganti daging sapi di atas burger dengan ikan kesukaannya. Tambahkan keju dan mayones sebagai penambah rasa.

3. Kroket ikan
Hidangan kroket ikan merupakan menu olahan ikan yang sangat enak dan disukai si Kecil. Kroket ikan memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dikunyah. Jika Anda berniat membuat olahan ikan yang satu ini, Anda hanya perlu memasak ikan dan sayuran dengan bawang bombay, bawang putih, dan temulawak yang hanya dicincang saja. Kemudian kukus juga kentang, kemudian tumbuk dan campur dengan keju hingga halus.

Setelah itu, ratakan kentang yang halus tadi di tangan lalu isi dengan sayuran dan ikan yang telah dimasak tadi. Masukkan ke dalam wadah yang berisi putih telur, lalu lumuri dengan tepung hingga merata dan goreng kroket ikan hingga warnanya berubah kecoklatan.

Demikianlah menu bekal si anak dari olahan ikan yang bisa Anda ketahui. Ini masih segelintir dari banyaknya kreasi menu olahan ikan untuk anak. Anda bisa juga membeli buku resep makanan dari olahan ikan lainnya agar semakin menambah ragam menu olahan ikan lezat untuknya. Selain itu, kombinasikan pula bekal anak dengan sayuran-sayuran yang juga kaya akan gizi penting. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − eleven =

%d bloggers like this: