Tata Cara Bersepeda yang Aman Saat Hamil

Olahraga adalah salah satu cara untuk membuat tubuh kita tetap bugar dan sehat. Bahkan seorang ibu hamil pun dianjurkan untuk berolahraga secara teratur agar mempermudah persalinannya nanti. Akan tetapi, olahraga yang dianjurkan merupakan olahraga ringan yang tidak membahayakan ibu dan janin. Salah satu olahraganya yakni bersepeda, namun perlu diingat ada tata cara bersepeda yang aman saat hamil untuk Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Olahraga ringan untuk ibu hamil
– Tata cara bersepeda yang aman saat hamil

Dilansir dari Liputan6.com, pada trimester pertama Anda tidak disarankan untuk melakukan aktivitas bersepeda karena hal ini sangat beresiko. Salah satu waktu yang tepat untuk bersepeda keliling perumahan ialah ketika kehamilan Anda memasuki trimester kedua. Dan sebelum melakukan olahraga ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Selain itu sebelum melakukan aktivitas ini, berikut adalah beberapa tata cara bersepeda yang aman saat hamil, antara lain sebagai berikut:

Melakukan peregangan atau pemanasan
Sama halnya dengan olahraga lain yang membutuhkan peregangan atau pemanasan, bersepeda pun dianjurkan untuk melakukan peregangan atau pemanasan yang dapat dilakukan selama lima menit dengan melibatkan peregangan tangan, kaki, kepala, dan bahu yang dilakukan dengan gerakan-gerakan sederhana.

Memilih sadel sepeda
Bahkan bagi Anda yang ingin segera memiliki momongan, olahraga sepeda bisa jadi pilihan. Atau bisa juga melakukan olahraga lain dari 4 jenis olahraga agar cepat hamil. Saat hamil sangat dianjurkan untuk memilih dan menggunakan sadel sepeda dengan ukuran lebih lebar yang fungsinya membuat ibu hamil merasa nyaman dan tidak menyumbat aliran darah karena tekanan berat badan ibu hamil.

Minum air putih
Sebelum bersepeda imbangi dengan minum banyak air putih, jika perlu bawa air putih saat berolahraga. Hal ini dikarenakan dengan Anda meminum air putih akan membantu menghilangkan panas tubuh akibat dari aktivitas otot, sekaligus dapat mengeluarkan panas dalam tubuh dan dapat mencegah diri dari patah tulang belakang.

Bersepeda pada pagi hari
Ingatlah, bahwa waktu yang tepat untuk bersepeda bagi ibu hamil adalah pada pagi hari ketika matahari tidak terlalu panas, sekitar jam 6 sampai jam 8 pagi. Dengan berolahraga di pagi hari, bisa menghindari Anda dari dehidrasi berlebih dan polusi. Selain itu, sinar matahari di pagi hari masih mengandung vitamin B yang baik untuk kesehatan tulang Anda.

Memilih rute aman
Pilih rute yang aman saat bersepeda, hindari rute jalanan yang menanjak dan curam saat hamil. Sebaiknya bersepeda di rute jalanan yang rata dan tidak memiliki banyak belokan sehingga bayi tetap merasa tenang di dalam perut Anda.

Tambah porsi makanan
Setelah melakukan aktivitas bersepeda yang telah menghabiskan cukup banyak kalori, wanita hamil harus selalu menambah berat badannya maka dari itu Anda harus mengganti kalori yang hilang dengan menambah porsi makanan Anda.

Jangan berlebihan
Seiring dengan perkembangan bayi di dalam kandungan Anda, bayi akan semakin membesar dan kandung kemih Anda akan semakin sempit. Bersepeda akan membuat Anda semakin sering membuang air kecil. Sebaiknya juga jangan terlalu berlebihan saat bersepeda, istirahatlah jika sudah merasa lelah atau ganti olahraga lain yang lebih ringan dan bisa Anda lakukan di rumah.

Demikianlah tata cara bersepeda yang aman saat hamil yang harus Anda perhatikan. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi sepeda Anda sebelum digunakan untuk berolahraga. Pastikan semuanya fungsi sepeda dalam kondisi baik untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × five =

%d bloggers like this: