3 Tips Memilih Box yang Aman Untuk Bayi

Box bayi merupakan salah satu perlengkapan bayi yang harus dimiliki saat bayi lahir. Sekarang ini box bayi telah memiliki model dan bentuk yang beragam, tetapi Anda harus berhati-hati dalam memilih box bayi. Jangan hanya memperhatikan model saja tetapi juga keamanan dan kenyamanan untuk si bayi. Maka dari itu, kami uraikan 3 tips memilih box yang aman untuk bayi yang perlu Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Fungsi box bayi
– 3 tips memilih box yang aman untuk bayi

Dilansir TribunJambi, kehadiran sang buah hati tercinta tentu saja membawa kebahagiaan bagi setiap pasangan yang telah menikah. Bahkan demi memberikan kenyaman untuk si bayi kelak, kedua orang tua menyisihkan waktunya untuk mempersiapkan segala kebutuhan sebelum menyambut kedatangan si bayi ke dunia. Box bayi atau tempat tidur bayi adalah hal yang wajib ada dan Anda beli untuknya.

Box bayi berfungsi sebagai tempat tidur khusus untuknya sekaligus melindungi bayi dari tertindih oleh ayah atau ibunya saat tidur. Dalam memilih box bayi, Anda tidak boleh asal-asalan. Karena pernah ada kasus kematian bayi yang disebabkan oleh box bayi mulai dari terjepit di tepi box, lehernya terlilit kain yang tersangkut di tonjolan box dan banyak lagi kasus lainnya.

Bukan bermaksud menakut-nakuti, namun hal ini perlu untuk Anda hindari agar bayi Anda terhindar dari hal-hal buruk tersebut. Untuk itu sangat perlu dan penting sekali Anda mendapatkan informasi yang tepat tentang memilih box tidur untuk si kecil. Di bawah ini adalah 3 tips memilih box yang aman untuk bayi, antara lain sebagai berikut:

1. Pagar box
Pagar box menjadi salah satu tips yang harus Anda perhatikan. Pastikan bahwa pagar di box bayi kuat dan aman dengan kisi-kisi di antara pagar tidak lebih atau kurang dari 6 cm. Karena jika terlalu lebar atau terlalu sempit akan membuat tangan atau kaki bayi terselip di dalam pagar box tersebut. Selain itu, pagar juga harus terpasang dan terkunci dengan baik, sehingga bayi tidak terjatuh ketika ia tidur. Anda bisa mengetahui semua tentang bayi jatuh dari tempat tidur, untuk membantu Anda mengantisipasi apabila si kecil terjatuh dari tempat tidur.

2. Kasur box
Sebagian besar kasus kecelakaan yang berkaitan dengan box bayi disebabkan oleh bayi yang kehabisan nafas akibat terjepit di antara kasur dan pagar box. Untuk itu, Anda harus pastikan bahwa kasur di box tersebut padat dan empuk dengan ukuran kasur yang benar-benar pas sama seperti ukuran box tersebut. Selain itu, pastikan empat sudut kasur tersangkut dengan baik.

3. Desain box
Ketika membeli box bayi jangan hanya melihat desainnya yang baik, meski desainnya yang sederhana yang paling penting adalah memperhatikan fungsi, keamanan, dan kenyamanan dari box bayi tersebut. Dengan memilih box bayi dengan ukuran yang tepat untuk bayi dengan desain yang kokoh dan tidak mudah rapuh. Pastikan Anda juga memilih box bayi tanpa roda sehingga tidak mudah bergeser atau terguncang ketika ia telah mampu menggerakan tubuhnya.

Demikianlah, 3 tips memilih box yang aman untuk bayi Anda. Tips lainnya juga tidak boleh Anda lewatkan, seperti memastikan box bayi sudah terkunci dengan baik agar bayi tidak mudah membukanya, jangan lupa pula untuk memberikan bantal di sekeliling box agar kepala bayi tidak terbentur kisi-kisi box tidurnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one + 4 =

%d bloggers like this: