Cara Alami Hilangkan Kerak di Kulit Kepala Bayi

Kerak di kepala bayi sering terjadi pada bayi baru lahir yang biasanya disebabkan oleh bekas cairan ketuban, lemak atau bahkan sisa hormon ketika ibu masih dalam keadaan mengandung. Banyak yang berpendapat kerak ini lebih baik dibersihkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala si bayi. Maka dari itu, pada kesempatan hari ini kami akan membagikan informasi tentang cara alami hilangkan kerak di kulit kepala bayi yang bisa Anda ketahui.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Penyebab kerak di kulit kepala bayi
– Gejala kerak di kulit kepala bayi
– Cara alami hilangkan kerak di kulit kepala bayi

Kerak di kulit kepala bayi atau cradle cap secara medis dikenal sebagai dermatitis seboroik infantil. Gejala kerak di kulit kepala bayi termasuk tampalan berminyak pada kulit, sisik kuning atau putih, serpihan berkerak tebal, kulit merak dan iritasi serta rambut rontok.

Kerak di kepala bayi ini jika Anda biarkan dapat menyebabkan gangguan jangka panjang pada kulit kepala dan rambutnya nanti seperti adanya ketombe, infeksi iritasi atau bahkan bisa menyebabkan gangguan kesuburan rambut. Namun seperti yang kita ketahui, bahwa menghilangkan kerak di kepala bayi ini tidaklah mudah. Ditambah kepala atau ubun-ubunnya yang masih lembut tentu menjadi ketakutan Anda untuk melakukannya. Agar tidak salah, berikut cara alami untuk hilangkan kerak di kepala bayi yang aman:

Terlebih dahulu pangkas rambut bayi
Meskipun dengan memotong rambut bayi dapat menyebabkan penampilan bayi kurang menarik, langkah memotong rambut dapat memudahkan Anda untuk membersihkan kerak di kulit kepala sekaligus bermanfaat agar kulit kepalanya tidak terlalu lembab karena keringat yang keluar melalui pori-pori kulit kepala.

Keringat yang keluar melalui pori-pori kulit kepala bayi yang berlebihan bisa menyebabkan kerak yang ada di kulit kepala bayi menjadi semakin tebal. Untuk Anda jangan khawatir jika penampilan si bayi kurang menarik ketika rambut si bayi dipotong, karena seiring berjalannya waktu rambut mereka akan tumbuh menjadi lebat dari sebelum rambut mereka dipangkas. Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk membuat rambut bayi tebal dan lebat yang pernah kami posting sebelumnya.

Menggunakan minyak bayi atau baby oil
Dikutip dari Nakita.Grid.Id, Anda dapat menggunakan minyak zaitun atau baby oil yang dioleskan secara merata di seluruh permukaan kulit kepala bayi dengan menggunakan kapas lembut sambil memberikan pijat kepala dengan lembut agar bayi merasa nyaman. Memberikan minyak zaitun atau baby oil bertujuan untuk membuat kulit kepala bayi menjadi lebih lembut sehingga mudah dibersihkan.

Tunggu sekitar 10 hingga 15 menit kemudian bersihkan minyak zaitun atau baby oil dengan menggunakan kapas lembut atau kain lembut yang dicelupkan ke dalam air hangat. Dengan begitu kerak di kulit kepala bayi akan terangkat dan kulit kepala bayi menjadi bersih.

Hindari membersihkannya dengan kuku jari
Ingat ya, jangan pernah sesekali Anda menggunakan kuku jari Anda untuk mengelupaskan atau menghilangkan kerak di kepala bayi. Selain itu tidak disarankan pula untuk melakukannya dengan menggosok secara kasar menggunakan kain atau kapas. Hal ini dapat menyebabkan iritasi dan infeksi sehingga dapat menyebabkan bayi menangis karena merasa kurang nyaman dan kesakitan. Lakukan proses seperti memberikan minyak zaitun atau baby oil kebagian kerak kepala yang membandel keesokan harinya sampai kerak kepala tersebut hilang atau mudah untuk Anda bersihkan.

Dengan demikian adalah tips ibu cerdas untuk menangani kerak kepala bayi alami dan aman. Tetap selalu bersihkan kulit bayi dengan menggunakan sampo bayi saat mandi dan hingari menggunakan bedak pada kulit bayi agar tidak menimbulkan kerak pada kulit kepala bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 10 =

%d bloggers like this: