Cara Mengatasi Sering Buang Angin Selama Kehamilan

Buang angin atau kentut merupakan suatu hal yang wajar tetapi dianggap tidak sopan dan memalukan jika terjadi di depan banyak orang. Memang benar, buang angin merupakan anugerah karena jika kita tidak bisa buang angin pastinya ini justru akan berbahaya bagi kesehatan kita. Kentut pun sering terjadi saat hamil, maka dari itu Anda perlu menerapkan cara mengatasi sering buang angin selama kehamilan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Salah satu masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan
– Cara mengatasi sering buang angin selama kehamilan

Selama kehamilan, Anda akan merasakan beberapa perubahan, seperti perubahan suasana hati, perubahan fisik, bahkan perubahan mental. Salah satu masalah yang sering terjadi pada masa kehamilan adalah seringnya buang angin. Buang angin memang menandakan bahwa seseorang itu sehat, namun sulitnya mengontrol kentut akan membuat Anda, khususnya para wanita hamil malu sendiri ketika buang angin sudah tidak tertahan lagi untuk keluar.

Ketahuilah bahwa selama kehamilan usus akan bekerja lebih lambat, akibat dari sirkulasi hormon progesteron dalam tubuh Anda. Itulah salah satu penyebab Anda sering buang angin selama kehamilan. Untuk itu, agar buang angin yang berlebihan dapat berkurang, Anda bisa menerapkan cara mengatasi sering buang angin selama kehamilan di bawah ini:

1. Biarkan perut Anda kenyang
Dikutip dari Vemale.com, perut yang kenyang justru berguna untuk mengurangi produksi gas dalam perut ibu hamil. Jangan pernah membiarkan perut Anda kosong dan juga jangan terlalu berlebihan mengonsumsi susu selama kehamilan. Meskipun susu memang baik untuk perkembangan bayi di dalam kandungan Anda namun susu juga bisa menambah produksi gas yang akan membuat Anda sering buang angin, jadi konsumsi susu hamil dengan dosis yang tepat ya.

2. Mengurangi makan
Mengurangi makan di sini berarti mengontrol makan Anda karena wanita hamil membutuhkan asupan gizi yang baik. Jadi disarankan bagi Anda yang sedang hamil mengonsumsi makanan sehat, seperti buah dan sayuran segar.

3. Olahraga teratur
Dengan melakukan olahraga ringan yang baik dianjurkan untuk wanita hamil seperti yoga dan berenang, juga merupakan kegiatan yang baik untuk mencegah masalah-masalah kehamilan termasuk sering buang angin. Ketahui pula berbagai manfaat berenang saat hamil yang pernah kami uraikan pada kesempatan sebelumnya.

4. Makan perlahan
Anda disarankan untuk makan secara perlahan dan pastikan Anda mengunyah makanan hingga lunak karena pencernaan pada ibu hamil cenderung sulit untuk memproses makanan berat dan kasar.

5. Makan berserat
Hindari sembelit karena sembelit dapat menyebabkan wanita lebih sering buang angin selama kehamilan. Jadi disarankan agar Anda mengonsumsi makanan berserat selama kehamilan.

6. Hindari minuman soda
Makan minuman bersoda tidak hanya buruk bagi Anda dan janin. Minuman bersoda membuat tubuh Anda memproduksi gas secara berlebihan sehingga akan mengakibatkan Anda sering buang selama kehamilan.

7. Hindari minum saat makan
Perlu diingat bahwa air yang kita minum sambil makan akan mempercepat proses pencernaan dan dapat membuat Anda lebih sering membuang angin selama kehamilan. Selain itu, usahakan untuk minum air hangat selama masa kehamilan. Cara ini cukup efektif karena gas yang ada dalam tubuh akan merubah ke bentuk padat sekaligus menghindari wanita hamil dari yang namanya masuk angin.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sering buang angin selama kehamilan. Terapkan semuanya dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + four =

%d bloggers like this: