6 Cara Tingkatkan Konsentrasi Anak

Anak yang mulai mengenali tugas sekolah dan materi pelajaran yang beragam, membuatnya dituntut untuk bisa berkonsentrasi. Berbeda dengan orang dewasa, usia anak tidak dapat dipaksa berkonsentrasi jika dia sudah tidak nyaman. Sementara kurikulum kegiatan belajar mengajar kini lebih padat dan rumit. Maka sudah menjadi tugas Anda untuk membantunya dan mengetahui 7 cara tingkatkan konsentrasi anak Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Pentingnya konsentrasi pada anak
– 6 cara tingkatkan konsentrasi anak

Dikutip dari Merdeka.com, konsentrasi sangat dibutuhkan untuk membantu anak memecahkan masalah dan persoalan khususnya saat ia menghadapi ujian sekolah. Di bawah ini 6 cara tingkatkan konsentrasi anak, antara lain sebagai berikut:

1. Ciptakan suasana belajar yang tenang dan kondusif
Anda bisa menempatkan sebuah speaker kecil untuk ia mendengarkan musik, meletakkan pot bunga, atau menghadapkan meja belajarnya ke jendela yang mengarah ke taman rumah.

2. Berlatih membuat jadwal
Anak Anda akan lebih mudah untuk mengerjakan tugasnya jika mengacu pada jadwal. Tanpa jadwal, dia akan mengalami kesulitan karena dia belum bisa melatih ingatan jangka panjangnya dan meringkas jadwal di dalam kepalanya. Anda dapat melatihnya untuk menjadwalkan kegiatannya dengan kardus atau papan tulis kecil. Buat kolom yang berisi deskripsi hari, tanggal, waktu, dan uraian kegiatannya.

Sepulang ia sekolah, tanyakan apakah ada tugas dari pelajaran hari ini. Jika demikian, segera tulis di papan jadwal rincian tugas dan kapan akan dikumpulkan. Anda juga bisa memberinya sebuah buku catatan kecil untuk mencatat tugas-tugas dari guru, sebelum dia pindah ke papan jadwalnya di rumah. Atau Anda juga menerapkan tips dalam mengatur jadwal belajar anak.

3. Belajar membuat prioritas
Setelah memiliki papan jadwal, ajari anak untuk menetapkan prioritasnya. Terutama jika dia tidak hanya memiliki tanggung jawab pada tugas sekolah, tetapi juga bimbingan tambahan (les). Berikan pemahaman tentang prioritas batas waktu terdekat. Selesaikan tugas atau pekerjaan yang paling dekat dengan waktu pengumpulannya.

4. Berlatih menghadapi deadline
Tidak jarang tugas yang diterima anak memiliki waktu yang singkat. Biasanya, dia menjadi panik dan depresi saat mengerjakannya. Ada perasaan takut tidak selesai tepat waktu, tetapi juga tidak bisa memaksakan diri. Disini Anda bisa melatihnya untuk menghadapi deadline melalui game. Beri dia masalah matematika sederhana dan tetapkan batas waktu dengan alarm atau stopwatch.

Katakan bahwa dia harus menyelesaikannya sebelum penanda waktunya selesai. Ini juga dapat memantau berapa banyak waktu yang tersisa dari angka-angka yang muncul di layar. Lakukan ini sesekali untuk melatihnya terhadap deadline. Jangan lupa memberikan pujian jika dia bisa menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu.

5. Selesaikan pekerjaan secara bertahap
Melakukan tugas sekaligus dapat membuat anak bosan atau jenuh. Anda dapat membantunya membagi tugas menjadi beberapa tahap. Misalnya, ketika dia mengerjakan tugas matematika dengan 10 pertanyaan, beri jeda setiap 3 pertanyaan untuk bersandar di kursinya sambil ngemil makanan dan minuman kesukaannya.

Melatihnya untuk bekerja secara bertahap berguna untuk masa depannya. Ia menjadi terlatih untuk mengukur kemampuannya. Tidak akan memaksakan diri untuk melakukan hal-hal yang dia belum mampu dan bijaksana dalam menentukan jeda.

6. Memberi nutrisi yang baik dan olahraga
Selain latihan untuk menghadapi tugas, asupan nutrisi dan olahraga tidak kalah penting untuk dilakukan. Anda harus rajin menyiapkan makanan bergizi yang baik untuk kesehatan otaknya. Selain itu, biasakan anak berolahraga ringan setelah bangun tidur. Bisa dengan meregangkan otot di samping tempat tidur, jogging di halaman atau meniru gerakan senam sederhana yang Anda arahkan. Olahraga membuat sirkulasi darah lebih lancar, sehingga distribusi oksigen ke otak tidak terganggu.

Demikianlah 6 cara untuk meningkatkan konsentrasi anak Anda. Terapkan dengan perlahan dan bijaksana sehingga anak nyaman melakukan segala yang Anda arahkan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =

%d bloggers like this: