Tips Aman Mengobati Maag Si Kecil

Ternyata bukan hanya orang dewasa saja yang bisa mengalami sakit maag, bahkan anak-anak juga bisa mengalami penyakit maag. Sakit maag pada anak ini biasanya terjadi karena infeksi usus, dan bisa juga disebabkan oleh mengonsumsi obat-obatan tertentu. Berikut tips aman mengobati maag si kecil yang bisa Anda terapkan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang maag
– Tips aman mengobati maag si kecil

Dikutip dari Alodokter.com, maag pada anak biasanya menimbulkan nyeri pada ulu hati, bisa juga disertai rasa mual dan muntah atau bahkan parahnya bisa membuat nafsu makan si anak menurun dan bila Anda biarkan maag berlangsung lama bisa terjadi penurunan berat badan pada si anak. Salah satu pengobatan alami dan aman untuk mengobati sakit maag pada anak adalah dengan cara mengatur pola makannya agar menjadi lebih baik. Di bawah ini tips aman mengobati maag si kecil, antara lain:

Hindari makanan yang bisa menyebabkan alergi
Tips yang dapat Anda lakukan yang pertama ialah hindari memberikan susu pada si kecil yang mengalami maag. Meskipun susu dapat meningkatkan fungsi pencernaan dengan baik tetapi susu juga dapat meningkatkan produksi asam lambung, sehingga alangkah baiknya Anda batasi susu saat si kecil mengalami sakit maag. Anda dapat mengikuti cara mengurangi konsumsi susu bagi balita yang pernah kami posting sebelumnya.

Berikan makanan dalam porsi kecil
Dengan Anda memberikan makanan dalam porsi kecil padanya, maka hal ini dapat mencegah produksi asal lambung yang berlebihan di dalam perutnya. Juga menyediakan camilan yang terbuat dari pisang di sela-sela waktu makannya. Karena pisang dipercaya dapat memberikan perlindungan pada dinding usus.

Sedikan menu makanan kaya serat, rendah gula dan garam
Serat yang terkandung dalam makanan dapat membantu melindungi lapisan mukosa dinding perut dan saluran pencernaan. Sedangkan tingginya kandungan garam dan gula dalam makanan dapat meningkatkan produksi asam lambung-nya.

Perbanyak pemberian nutrisi
Perbanyaklah memberikan makanan yang mengandung vitamin A dan vitamin E karena vitamin A dan vitamin E dipercaya dapat menenangkan saluran pencernaan tanpa menimbulkan efek samping. Selain itu, perbanyak juga memberikan makanan yang mengandung seng karena seng berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh si kecil.

Ajak anak berekreasi setidaknya 1 jam dalam satu hari
Ketahuilah, bahwa penyakit maag pada anak dapat disebabkan juga karena stres. Dengan mendengarkan cerita anak Anda dalam kondisi yang tenang dan juga dapat membantu meringankan ketegangan psikologisnya.

Berikan kubis dan ekstrak licorice ke dalam menu makanan anak
Kubis mengandung banyak asam amino yang dapat membantu menyembuhkan sakit maag. Sedangkan ekstrak licorice dapat membantu mengembalikan kesehatan dinding di saluran pencernaan.

Demikianlah beberapa tips aman untuk mengobati maag si kecil yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Tetapi Anda juga harus ingat, jika si kecil masih belum menunjukan kesembuhan dan keluhannya makin parah, sebaiknya segera berkonsultasi dan periksa ke dokter anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − five =

%d bloggers like this: