Cara Atasi Phobia Pada Anak

Sebagian besar manusia memiliki rasa takut terhadap sesuatu atau bahkan berlebihan yang kita kenal dengan sebutan Phobia. Phobia itu terjadi karena adanya kenangan masa lalu yang tidak menyenangkan yang mungkin telah ia alami sejak masih kecil. Jika phobia ini terjadi pada anak, maka Anda sebagai orang tua harus segera menerapkan cara atasi phobia pada anak sehingga hal demikian tidak semakin mempengaruhi mentalnya di masa depan.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Apa itu phobia?
– Cara atasi phobia pada anak

Dalam ilmu psikologi yang dikutip dari CNNIndonesia.com, phobia atau fobia adalah rasa takut berlebihan yang terjadi secara terus menerus pada suatu objek yang sifatnya irasional. Untuk mencegah terjadinya phobia berkelanjutan pada anak-anak, Anda sebagai orang tua adalah kunci untuk mengatasi masalah ini.

Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil sebagai orang tua untuk mengatasi phobia pada anak Anda sehingga phobia dapat menghilang dan tidak menjadi phobia yang berkepanjangan. Karena pada dasarnya memiliki phobia adalah hal yang tidak baik dan mengganggu kehidupan. Berikut ini adalah beberapa cara atasi phobia pada anak:

Langkah Pertama
Anda harus memperkenalkan pada anak sumber phobia-nya. Maksudnya berikan pemahaman tentang objek atau sesuatu yang membuatnya takut. Misalnya dia takut pada semut atau serangga apapun. Kemudian Anda dapat menjelaskannya dengan cara yang lucu dan menyenangkan seperti berdongeng atau bercerita tentang hewan tersebut.

Langkah Kedua
Jika anak Anda memiliki phobia terhadap lingkungan sosial sekitarnya maka Anda dapat melatihnya dengan membawanya bersosialisasi dengan banyak orang untuk berkomunikasi. Jangan malah dijauhkan dari sumber ketakutannya tersebut.

Langkah Ketiga
Jika anak Anda takut akan kondisi tertentu seperti ruangan gelap, ketinggian, atau banyak orang, maka Anda dapat melatihnya dengan cara yang menyenangkan seperti bermain diam-diam dalam selimut yang gelap, atau mengikuti tips mengatasi phobia gelap pada anak yang telah kami posting sebelumnya.

Jika ia phobia ketinggian Anda dapat mengajarinya dengan berolahraga seperti misalnya bergantungan di tempat yang tinggi. Namun ingat semua harus dilakukan secara bertahap, jangan langsung memberikan pelatihan dengan intensitas sumber phobianya yang terlalu tinggi. Seandainya Anda memaksanya berada di ruangan gelap, atau menempatkannya di tempat yang sangat tinggi. Ini hanya akan memperburuk ketakutannya.

Langkah Keempat
Jangan menertawakan atau menghina rasa takutnya, sebaiknya berikan ia dukungan atas usahanya dalam melawan rasa takutnya. Pastikan anak Anda merasa bahwa dia sangat dicintai oleh keluarga sehingga dia akan berpikir bahwa dia tidak boleh takut karena ada orang di sekelilingnya yang mencintainya dan akan siap untuk membantunya.

Langkah Terakhir
Dalam membimbingnya mengatasi rasa takut, pastikan bahwa anak Anda tahu tujuan terapi pada phobianya. Jika anak Anda merasa bahwa itu tidak berhasil untuknya, ia bahkan akan merasa tertipu karena dihadapkan dengan hal yang ia takuti. Jadi beri dia pengertian bahwa apa yang dia lakukan adalah menghilangkan rasa takutnya terhadap sumber phobianya.

Dalam mengatasi phobia pada anak Anda harus sabar dan konsisten dan berikan selalu dukungan agar ia yakin dan percaya bahwa phobia itu buruk untuknya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 2 =

%d bloggers like this: