Bahaya Smoothing Rambut Bagi Wanita Hamil

Smoothing adalah salah satu dari banyak perawatan rambut yang dilakukan oleh para wanita, tidak terkecuali ibu hamil. Perawatan rambut yang satu ini hampir mirip dengan rebonding, namun perbedaannya hanya terletak pada pelembutan dan pelemasan rambut saja. Jika Anda ibu hamil yang berencana smooting rambut, lebih baik pikir ulang karena terdapat bahaya smooting rambut bagi wanita hamil.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Apa itu smoothing rambut?
– Bahaya smoothing rambut bagi wanita hamil

Menurut OkeZone.com, merawat dan mempercantik diri menjadi kegiatan yang umum dilakukan oleh kaum wanita. Kegiatan ke salon atau spa merupakan ‘Me Time’ tersendiri bagi para wanita. Namun bagaimana jika wanita hamil pun ingin melakukan hal tersebut, semisalnya ingin smoothing rambut.

Memang, bahaya dari smoothing ini mungkin tidak langsung ke janin yang ada di dalam kandungan Anda, hanya saja akan mempengaruhi kesehatan Anda sendiri dan akhirnya memberi pengaruh buruk pada janin yang Anda kandung. Namun ingatlah bahwa produk kecantikan rambut seperti smoothing dan rebonding menjadi salah satu dari 4 jenis kosmetik yang harus dihindari wanita hamil.

Di bawah ini beberapa bahaya smoothing rambut bagi wanita hamil:

Alergi
Salah satu bahaya yang ditimbulkan dari smoothing rambut adalah ibu hamil akan mengalami alergi kulit kepala. Dan dalam kondisi serius penyakit ini dapat menyebabkan kulit kepala kering, ruam, iritasi dan gatal. Alergi pada kulit kepala ini bisa berasal dari bahan kimia yang digunakan untuk perawatan smoothing. Jika kasus seperti itu menimpa Anda, maka lakukan pemeriksaan ke dokter kulit terdekat sehingga alergi tersebut bisa segera diatasi.

Pendarahan Pada Hidung
Berdasarkan tes medis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bahan-bahan yang digunakan dalam proses smoothing berisiko mengandung bahan kimia berbahaya. Kandungan bahan kimia ini berisiko menyebabkan seseorang mengalami pendarahan pada hidung. Bagi ibu hamil kondisinya tentu sangat berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan. Meski tidak secara langsung terlihat berpengaruh pada bayi, tetapi bahaya seperti pendarahan hidung pasti akan mempengaruhi keadaan bayi.

Memicu Kanker
Bagi wanita hamil yang terlalu sering melakukan perawatan smoothing ternyata bisa memicu timbulnya kanker. Hal ini dikarenakan penggunaan bahan kimia dalam produk perawatan rambut akan memicu sel-sel kanker berkembangbiak. Ini jelas sangat membahayakan kesehatan ibu hamil dan keselamatan bayi di dalam kandungan.

Demikianlah, beberapa bahaya smoothing rambut bagi wanita hamil. Memang tidak ada salahnya jika wanita hamil menjaga dan mengubah penampilannya, namun alangkah baiknya sebelum melakukan hal demikian Anda ketahui bahaya apa yang akan ditimbulkan sehingga tidak menyesal dikemudian hari. Kesehatan itu nomor satu, terlebih untuk si calon buah hati tercinta. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × two =

%d bloggers like this: