Jenis Aromaterapi yang Aman Untuk Wanita Hamil

Terlepas dari rasa bahagia dan rasa syukur Anda telah dianugerahkan calon buah hati, Anda harus bersiap untuk menghadapi sindrom kehamilan, terutama pada bulan-bulan pertama kehamilan seperti misalnya rasa mual dan pergolakan mood yang tidak stabil. Maka cobalah untuk memilih jenis aromaterapi yang aman untuk wanita hamil berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Manfaat aromaterapi untuk wanita hamil
– Jenis aromaterapi yang aman untuk wanita hamil

Seperti yang diketahui, masa kehamilan menjadi masa yang penting dan membahagiakan bagi setiap pasangan yang menikah terutama bagi pasangan yang sudah lama mendambakan kehadiran sang buah hati. Namun, dilansir dari Kompas.com lantaran wanita hamil mengalami perubahan hormon yang terjadi pada saat kehamilan, mereka mengeluhkan berbagai masalah seperti mual, nyeri panggul, ruam kulit, mudah lelah dan lain sebagainya.

Hadirnya aromaterapi diharapkan dapat membantu keluhan sindrom kehamilan yang Anda rasakan tersebut. Namun perlu Anda ingat bahwa tidak semua aromaterapi aman bagi wanita hamil. Contohnya seperti aromaterapi dari daun kemangi, cengkeh, dan kayu cedar. Untuk itu, berikut beberapa jenis aromaterapi yang aman dan dianjurkan untuk wanita hamil, antara lain:

Lavender
Salah satu bunga yang memberikan efek tenang ialah lavender. Saat ini bunga lavender dijadikan sebagai salah satu aromaterapi yang tidak hanya bermanfaat bagi penderita gangguan tidur (insomnia), tetapi bunga lavender juga bisa memberikan efek relaksasi bagi Anda yang sedang hamil.

Daun Teh
Aromaterapi dari daun teh memiliki khasiat membantu proses detoks di dalam tubuh. Teh adalah salah satu sumber antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh dalam mencegah radikal bebas. Selain itu, aroma teh yang segar juga dapat membantu Anda menghilangkan mual pagi karena morning sickness. Anda bisa pahami lebih lanjut tentang pengertian morning sickness pada artikel yang pernah kami posting sebelumnya.

Ylang-Ylang
Ylang-ylang merupakan minyak yang diekstrak dari kenanga Filipina. Minyak aromaterapi ini dapat membantu Anda mengembalikan fokus dan menenangkan pikiran Anda yang kacau.

Lemon
Buah jeruk yang satu ini juga memberikan manfaat aromaterapi bagi wanita hamil. Aroma jeruk lemon sangat menyegarkan sehingga dapat membantu menetralisir bau tajam yang dapat memicu mual di pagi hari.

Orange Flower Oil (Minyak Neroli)
Untuk beberapa wanita hamil, tidak jarang akan mengalami depresi atau kecemasan berlebihan selama kehamilan. Tentu saja itu bukan salah Anda, karena saat kehamilan Anda akan mengalami kekacauan hormon di dalam tubuh. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan aromaterapi minyak neroli. Minyak neroli ini membantu Anda lebih rileks dan membantu Anda tidur lebih baik sehingga risiko depresi dapat diminimalkan.

Demikian beberapa jenis aromaterapi yang aman digunakan wanita hamil. Pilih aromaterapi terbaik untuk Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven + 10 =

%d bloggers like this: