Efek Positif dan Negatif Anak Homeschooling

Pada saat ini metode pembelajaran di rumah mulai banyak diterapkan dan dipilih oleh orang tua. Kebanyakan orang tua menganggap bahwa metode pembelajaran di rumah lebih efektif jika dibandingkan dengan belajar di sekolah. Itulah mengapa banyak yang menerapkan metode Homeschooling ini untuk anaknya. Namun, ketika diteliti lebih dalam ada efek positif dan negatif anak Homeschooling karena hal ini berkaitan dengan perkembangan anak.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang Homeschooling
– Efek positif anak Homeschooling
– Efek negatif anak Homeschooling

Anda sebagai orang tua pastinya menjadikan pendidikan sebagai hal terpenting untuk diberikan pada anak. Bahkan sejak dini pun, orang tua sering melatih stimulasi-stimulasi untuk mencerdaskan otaknya. Semakin beranjak usianya Anda pun harus memilih sekolah yang tepat untuk anak Anda dan mungkin terbesit salah satunya Homeschooling. Namun sebelum menentukkannya berikut efek positif anak Homeschooling, antara lain:

Menjaga pergaulan anak
Efek positif yang pertama, Anda dapat menjaga dan menghindari pengaulan buruk yang dapat membahayakan masa depan anak Anda. Dikutip dari TribunLampung, metode Homeschooling akan mencegah anak-anak dari ancaman hubungan buruk seperti merokok atau mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu juga dapat menciptakan suasana lebih nyaman dan kasih sayang antara orang tua dan anak.

Menciptakan kebebasan dalam belajar
Metode Homeschooling akan membuat anak lebih nyaman dan tidak tertekan. Anak-anak akan memiliki kebebasan untuk belajar dan tidak akan merasa kewalahan oleh aturan dan tugas seperti di sekolah formal.

Motivasi dan semangat belajar anak akan meningkat
Anak-anak akan merasa memiliki ruang dan waktu bebas untuk belajar dan melakukan sesuatu yang baru. Selain itu, anak akan memiliki banyak kesempatan untuk mencoba hal-hal yang menarik dalam belajar sehingga ia lebih termotivasi dan bersemangat lagi dalam belajar.

Selain itu terdapat pula beberapa efek negatif anak Homeschooling, antara lain:

Anak tidak bisa bersosialisasi
Anak akan mengalami kesusahan dan tidak bisa bersosialisasi dengan cepat. Anak akan menjadi individual dan merasa paling hebat dalam segala hal. Selain itu, anak tidak akan bisa mengendalikan kemampuannya sendiri. Anak-anak yang menjalani metode homeschooling cenderung tidak akur sehingga mereka tidak akan memiliki banyak teman.

Anak tidak memiliki kemampuan untuk berkompetisi
Anak yang mendapatkan metode homeschooling cenderung tidak dapat mengontrol dan mengukur kemampuan mereka sendiri. Kondisi ini akan membuat anak tidak bisa berkompetisi atau bersaing dengan anak lain.

Anak tidak bisa mandiri
Umumnya anak-anak tidak dapat dipisahkan dari kebiasaan mengandalkan orang lain. Ketika berada di luar lingkungan rumah, anak tidak akan bisa mengatasi masalah yang terjadi padanya. Ini akan berdampak pada psikologis anak dan akan terus berlanjut sampai anak tumbuh dewasa. Efek negatif dari metode pembelajaran ini akan melahirkan anak manja dan selalu ingin dilayani dalam segala hal.

Itulah beberapa efek positif dan negatif anak Homeschooling. Sebagai orang tua alangkah baiknya Anda mempertimbangkannya sebelum memilih metode pembelajaran untuk anak-anak Anda. Pada masa pertumbuhan, anak tidak hanya membutuhkan pelajaran tetapi juga membutuhkan lingkungan untuk bersosialisasi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + 15 =

%d bloggers like this: