Pentingnya Menjaga Jarak Kehamilan

Kehadiran anak kedua dengan segera setelah anak pertama diharapkan dapat membantu keduanya menjadi lebih dekat di masa depan kelak. Lagi pula, dengan kehadiran dua anak pasti akan membuat rumah tangga Anda bertambah lengkap dan lebih hidup. Akan tetapi, Anda dan pasangan juga perlu mengetahui pentingnya menjaga jarak kehamilan, karena hal ini juga berkaitan dengan pola asuh Anda pada anak pertama Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Jarak waktu kehamilan yang ideal
– Manfaat menjaga jarak kehamilan

Ketahuilah bahwa jarak antara anak pertama dan kedua tidak boleh terlalu dekat karena dapat mempengaruhi kondisi fisik dan psikologi anak. Karena itu, jika Anda mengharapkan kehadiran anak kedua harus mempertimbangkan jarak kehamilan. Jarak kehamilan yang ideal dan direkomendasikan sejak lahir hingga mencapai kehamilan berikutnya adalah minimal 2 tahun. Ini didasarkan pada berbagai pertimbangan yang dapat mempengaruhi perkembangan anak dan kesehatan ibu.

Apalagi bagi wanita yang melakukan persalinan Caesar yang membutuhkan pemulihan waktu yang relatif lama. Bahkan Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan pembantu proses pemulihan pasca Caesar, sehingga sesegera mungkin kesehatan Anda kembali seperti sedia kala.

Jika jarak kehamilan terlalu dekat maka bisa berisiko pada janin yang dikandung. Dengan demikian, berikut ini pentingnya mengetahui manfaat menjaga jarak kehamilan untuk Anda dan pasangan Anda:

Pemulihan Ibu Setelah Persalinan Pertama
Setelah Anda mengandung seorang anak selama sembilan bulan, tubuh Anda terutama otot-otot rahim, membutuhkan waktu untuk pulih seperti sebelumnya. Kehamilan yang terlalu cepat dapat membebani otot-otot rahim yang belum sepenuhnya kuat, sehingga dikutip dari Dream.co.id, hal ini dapat mempengaruhi kesehatan organ reproduksi ibu dan kondisi dari janin tersebut.

Menjaga Hubungan antara Ibu dan Anak
Anak Anda mungkin bukan lagi bayi, tetapi ia masih membutuhkan perhatian penuh dari Anda. Mereka masih sangat haus akan kasih sayang orang tuanya dan tentunya mereka belum siap untuk berbagi kasih sayang dengan saudara mereka nantinya. Umumnya, mereka akan sering merasa cemburu dengan saudara barunya dan tidak mengherankan bahwa perkelahian antara dua saudara akan sering terjadi.

Maka dari itu, jarak kehamilan yang ideal bermanfaat untuk membangun hubungan spiritual dengan anak sehingga Anda bisa memberikan pemahaman kepada anak pertama sebelum anak kedua hadir. Dengan begitu, anak pertama lebih mudah menerima kehadiran adiknya sehingga tidak merasa tersaingi.

Menghindari Kekurangan Nutrisi Pada Bayi
Selama hamil anak pertama Anda, tubuh Anda sibuk melakukan adaptasi untuk menjadikan bayi Anda prioritas dalam mendapatkan nutrisi. Setelah Anda melahirkan, sekali lagi Anda kehilangan sejumlah besar nutrisi dalam tubuh Anda dan memberikannya kepada bayi Anda melalui ASI. Jika Anda memutuskan untuk hamil lagi dalam waktu yang cepat, tubuh Anda tidak akan memiliki cukup nutrisi untuk mendukung bayi baru Anda atau diri Anda sendiri.

Persiapan ASI dengan waktu yang cukup akan berdampak positif pada kecerdasan dan kesehatan bayi. Jarak dekat menimbulkan risiko kekurangan nutrisi pada bayi karena buruknya kualitas dan kuantitas ASI.

Menjaga jarak kehamilan memang sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat, baik untuk kesehatan rahim ibu atau perkembangan psikologis anak. Jadi, rencanakan dengan baik jarak kehamilan Anda. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen + eight =

%d bloggers like this: