Cara Merawat Rambut Keriting Si Kecil

Umumnya, ketebalan dan ketipisan rambut bayi sepenuhnya dipengaruhi oleh gen atau faktor keturunan dari orang tuanya. Si kecil bisa memiliki bentuk rambut lurus atau ikal atau bahkan keriting. Pada rambut keriting dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu rambut keriting besar, keriting kecil dan keriting yang melingkar. Seringkali, rambut keriting memiliki masalah dalam perawatannya. Untuk itu pada kesempatan kali ini kami membahas cara merawat rambut keriting pada si kecil.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Jenis-jenis rambut
– Cara merawat rambut keriting pada si kecil

Perawatan rambut seringkali sangat identik dengan wanita, karena itu tidak dapat dipungkiri bahwa rambut tersebut seperti mahkota bagi wanita. Jadi, tidak mengherankan jika wanita bersedia mengeluarkan isi dompet secara mendalam untuk melakukan perawatan rambut secara teratur di salon langganan. Dan tidak hanya rambut wanita dewasa saja yang memerlukan perawatan ekstra, perawatan rambut juga wajib untuk bayi Anda. Apalagi jika bayi Anda memiliki tipe rambut keriting.

Seperti yang diketahui, rambut keriting memiliki tekstur yang berbeda. Dan jika bayi Anda memiliki rambut keriting, maka setidaknya Anda harus benar-benar mengerti dan tahu cara merawat rambut keritingnya. Berikut beberapa cara merawat rambut keriting pada si kecil, antara lain:

Menjaga Kelembaban
Bayi yang memiliki rambut keriting pada umumnya memiliki tipe rambut yang kering dan mudah patah. Karena itu, salah satu cara perawatan rambut keriting pada bayi yang harus Anda terapkan adalah selalu menjaga rambut bayi tetap lembab. Anda dapat menggunakan kondisioner yang dirancang khusus untuk bayi.

Anda juga harus berhati-hati memilih kondisioner untuknya dan jangan menggunakan kondisioner untuk orang dewasa. Alasannya kulit bayi masih sangat sensitif, sementara kondisioner untuk orang dewasa mengandung bahan kimia yang terlalu keras sehingga dikhawatirkan dapat membuat rambut malah semakin kering atau menyebabkan iritasi dikulit kepalanya. Dikutip dari Merdeka.com, berikan kondisioner khusus bayi setelah keramas minimal seminggu sekali saja.

Mengeringkan Rambut
Setelah mencuci rambut bayi, Anda juga perlu memperhatikan cara mengeringkan rambut keriting bayi Anda. Gunakan handuk dengan bahan lembut dan usap handuk dengan lembut di atas rambut bayi. Jangan gunakan handuk dengan jenis kain kasar karena tekstur kain bisa menyebabkan lapisan pelindung pada rambut menjadi rusak dan membuat rambut keritingnya menjadi kering. Anda pun dapat mengetahui bahan alami untuk membuat rambut bayi tebal dan lebat pada artikel kami sebelumnya.

Gunakan Sisir yang Tepat
Untuk anak yang memiliki bentuk rambut keriting, disarankan menggunakan sisir yang lebih renggang daripada sisir pada umumnya. Sisir renggang atau bahkan sisir jarang mempermudah Anda dalam merapikan rambut keritingnya. Bahkan dengan Anda menggunakan jenis sisir ini, Anda dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rambut keriting yang kuat. Dan sangat disarankan untuk menyisir rambut keritingnya saat mulai kering.

Demikianlah cara merawat rambut keriting pada si kecil yang bisa membantu Anda dalam merapikan, menjaga kesehatan sekaligus keindahan rambutnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 + 13 =

%d bloggers like this: