4 Jenis Kosmetik yang Harus Dihindari Wanita Hamil

Menjaga penampilan tentu menjadi hal yang sangat penting oleh setiap wanita, bahkan ketika mereka hamil pun harus tetap menjaga penampilannya tetap cantik dan oke sekalipun perut semakin membesar. Namun, dalam hal pemilihan kosmetik selama kehamilan harus hati-hati, mengingat bahan yang terkandung di dalam kosmetik tersebut. Perlu Anda ketahui 4 jenis kosmetik yang harus dihindari wanita hamil yang kami uraikan hari ini.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– 4 jenis kosmetik yang harus dihindari wanita hamil
– Zat kimia yang umumnya terkandung pada kosmetik

Jangan menggunakan kosmetik yang berlebih menjadi salah satu dari berbagai pantangan untuk ibu hamil. Bahan kimia dari kosmetik dikhawatirkan menembus dan mempengaruhi janin yang dikandung ibu hamil. Dan pada akhirnya mempengaruhi kondisi kesehatan bayi, terutama pada trimester pertama. Di bawah ini 4 jenis kosmetik yang harus dihindari wanita hamil, antara lain sebagai berikut:

1. Produk Pemutih Kulit
Dikutip dari Merdeka.com, semua jenis produk pemutih kulit harus dihindari selama masa kehamilan. Alasannya adalah bahwa dalam setiap produk pemutih kulit ada senyawa kimia yang sangat keras dan cukup berbahaya bagi kesehatan janin, yaitu hidrokinon. Hidrokinon adalah senyawa kimia yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, beberapa produk kosmetik juga mengandung merkuri.

Keracunan merkuri tidak hanya berakibat fatal karena dapat menyebabkan kerusakan hati dan gagal ginjal pada ibu hamil, tetapi juga bisa berakibat fatal bagi janin. Kandungan logam polutan ini tidak hanya dapat menyebabkan kegagalan organ tubuh tetapi juga dapat menyebabkan bayi lahir premature. Oleh sebab itu, wanita hamil sangat disarankan untuk berhenti menggunakan produk pemutih kulit selama masa kehamilan. Anda bisa mencerahkan kulit dengan rajin mengonsumsi buah-buahan seperti pepaya, tomat, baik dalam bentuk buah potongan atau jus.

2. Produk Perawatan Jerawat
Jerawat sering muncul selama kehamilan karena kondisi hormon wanita yang tidak stabil. Munculnya jerawat selama kehamilan sangat mengganggu dan mempengaruhi rasa percaya diri. Namun, jangan pernah mencoba menghilangkan jerawat dengan obat jerawat yang mengandung bahan kimia keras, seperti obat jerawat yang mengandung Benzoil Peroxyde, Accutane, Tetracycline, dan Asam Salisilat. Bahan-bahan ini dapat mengganggu kesehatan janin dan bahkan dapat menyebabkan keguguran.

Untuk masalah ini, Anda hanya perlu membersihkan wajah Anda dengan rutin. Jika Anda ingin mencoba membasmi jerawat, gunakan saja bawang putih, lalu potong tipis, dan oleskan pada jerawat. Namun bau tajam bawang putih dapat mengganggu penciuman wanita hamil. Atau konsultasikan pada dokter, obat apa yang aman untuk Anda yang sedang hamil.

3. Parfum
Salah satu jenis kosmetik yang harus dihindari selama masa kehamilan adalah parfum atau wewangian. Memang, Anda mungkin merasa risih jika Anda pergi tanpa mengenakan parfum. Namun, selama trimester pertama kehamilan, indera penciuman Anda akan menjadi lebih tajam dari biasanya. Bau yang terlalu menyengat secara otomatis dapat membuat Anda mual, jadi jangan kaget jika aroma parfum favorit Anda tiba-tiba membuat Anda merasa mual.

Untuk itu, saran dokter gunakan parfum yang lebih ringan, menyegarkan dan tidak membuat Anda sakit, seperti warna jeruk atau aroma lemon. Atau bisa ganti parfum Anda sementara dengan menggunakan body cologne bayi.

4. Produk Kecantikan Rambut
Produk kosmetik rambut termasuk pewarna rambut, pelurus rambut, hair spray, mengandung p-Phenylenediamine. Zat kimia ini sangat keras, sehingga berbahaya bagi perkembangan janin. Maka sangat disarankan untuk sementara berhenti mengecat rambut, meluruskan rambut, menggunakan hair spray, dan menyarankan menggunakan bahan alami.

Saat hamil memang tidak ada salahnya bagi Anda untuk tetap tampil cantik dan menawan. Namun, tetap perhatikan kandungan kosmetik yang Anda pilih agar kesehatan Anda dan calon buah hati tetap terjaga. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − 7 =

%d bloggers like this: