Tips Agar Cepat Hamil Setelah Berhenti KB

Setiap wanita memiliki takdir untuk hamil dan melahirkan. Namun, banyak wanita yang sudah menikah atau yang telah memutuskan untuk menggunakan alat kontrasepsi dengan alasan untuk menunda kehamilan pertama mereka atau anak keduanya. KB adalah salah satu metode kontrasepsi yang biasa digunakan wanita untuk menunda kehamilannya. Dan pada kesempatan ini kami membahas tips agar cepat hamil setelah berhenti KB khusus untuk Anda.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang KB
– Tips agar cepat hamil setelah melepas KB

Ketahuilah, terkadang setelah menggunakan KB untuk menunda kehamilan wanita akhirnya mengalami kesulitan untuk hamil padahal telah berhenti KB. Dikutip dari Kompasiana.com, hal ini disebabkan karena selama pemakaian alat kontrasepsi tersebut kondisi hormon seorang wanita diganggu agar sementara berada dalam kondisi tidak subur. Ketidakseimbangan hormon inilah mengakibatkan rahim menjadi tidak subur.

Maka dari itu sebelum mengunakan alat kontrasepsi untuk menunda kehamilan, perlu Anda pahami dampak pemakaian kontrasepsi bagi wanita sehingga terhindar dari masalah ini. Berikut ini beberapa tips agar cepat hamil setelah berhenti KB:

Jauhi Rokok, Kafein, dan Alkohol
Rokok, kafein dan alkohol bisa menjadi penyebab sulit hamil meskipun Anda telah melepas KB. Rokok mengandung nikotin yang bersifat aditif sehingga dapat menyebabkan kecanduan. Akibatnya, seseorang menjadi cemas hingga depresi jika tidak merokok. Ketika kondisi ini menyerang, bisa terjadi ketidakseimbangan hormon reproduksi di dalam tubuh. Jauhi pula minuman yang mengandung kafein, karena kafein mampu mengurangi kesuburan wanita dan pria. Jadi Anda harus mengurangi konsumsi jika ingin cepat hamil.

Hindari Stres
Salah satu penghambat kehamilan adalah stres. Karena kondisi ini memicu hipotalamus untuk menghasilkan hormon kortisol. Ketika produksinya berlebihan, otomatis menurunkan kinerja sistem reproduksi. Ketika kinerja sistem melambat, wanita tersebut akan mengalami penurunan kesuburan sementara.

Pada wanita, infertilitas diindikasikn dengan penurunan produksi Follicle Stimulating Hormone (FSH) dan Luteinising Hormone (LH). Akibatnya, Anda sulit hamil meski telah berhenti KB. Salah satu cara untuk menghindari stres adalah dengan menenangkan pikiran. Mungkin, Anda bisa mengajak pasangan untuk berlibur ke tempat wisata. Atau rutin melakukan yoga untuk merelaksasi pikiran.

Perbanyak Konsumsi Buah-Buahan
Perbanyak konsumsi buah-buahan adalah salah satu tips agar cepat hamil setelah melepas KB. Pasalnya, di dalam buah terdapat vitamin dan zat penting untuk menyuburkan rahim. Beberapa buah yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama program kehamilan termasuk alpukat, wortel, dan tomat.

Konsumsi Vitamin E
Alat kontrasepsi bekerja dengan cara menghambat produksi hormon estrogen pada wanita. Akibatnya, proses pematangan sel telur terhenti. Secara bertahap, leher rahim pun akan menipis. Karena penipisan tersebut, sperma sulit menembus dinding ovarium sehingga tidak ada pembuahan yang terjadi di dalam rahim. Untuk mengembalikan kesuburan dan memperkuat dinding rahim selama masa kehamilan, seorang wanita bisa mengonsumsi vitamin E.

Menjaga Berat Badan
Wanita yang kelebihan berat badan lebih sulit untuk hamil. Itu karena ada penumpukan lemak di tubuh. Zat tersebut dapat menghambat proses pematangan sel telur. Begitu pun dengan seorang wanita yang terlalu kurus, pematangan ovum menjadi lebih lambat. Pasalnya, kekurangan lemak dapat menghambat kinerja otak dalam memacu produksi telur. Karena itu, Anda harus berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang ideal.

Mengetahui Siklus Ovulasi Wanita
Periode ovulasi biasanya berlangsung sekitar 12-14 hari sebelum menstruasi terjadi. Meski begitu, setiap wanita memiliki siklus ovulasi yang berbeda tergantung pada periode menstruasi bulanannya. Agar cepat hamil, Anda harus mempelajari siklus ovulasi. Sebab, lima hari sebelum ovulasi, seorang wanita harus memiliki masa subur. Itulah saat yang tepat untuk melakukan hubungan intim dengan pasangan.

Periksa Kesuburan
Jika tidak kunjung hamil, Anda harus pergi ke dokter kandungan. Jangan ragu untuk memberi tahu masalah yang dihadapi selama program kehamilan. Biasanya, dokter memberi saran sesuai dengan keluhan pasien. Pada tahap awal, Anda akan mendapatkan obat kesuburan dari dokter Anda. Jika Anda belum menunjukkan hasil dalam jangka waktu tertentu, pastikan untuk mendapatkan penanganan lanjutan. Seperti, lakukan pemeriksaan USG abdomen dan Trans-V.

Demikian beberapa tips agar cepat hamil setelah melepas KB. Ingatlah, keberhasilan program hamil setelah melepas alat kontrasepsi tergantung pada usaha Anda. Semoga bermanfaat dan berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 + 18 =

%d bloggers like this: