Ibu Hamil Wajib Kenali Herpes Gestationis

Selama kehamilan, daya tahan ibu hamil cenderung mengalami penurunan. Akibatnya, ibu hamil rentan terhadap berbagai penyakit. Bahkan infeksi ringan seperti influenza, kadang sulit dihindari. Padahal, semasa hamil seorang calon ibu wajib menjaga stamina agar tetap prima. Selain penyakit ringan, ibu hamil wajib kenali Herpes Gestationis yang terkadang juga dapat mengganggu kesehatan ibu hamil.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Pengertian Herpes Gestationis
– Gejala Herpes Gestationis
– Dampak Herpes Gestationis

Dikutip dari TribunNews.com, kehamilan membawa banyak sekali perubahan pada fisik dan psikologis perempuan. Berbagai gangguan kulit pun rentan dialami ibu hamil. Pada pandangan pertama, Anda mungkin berpikir bahwa penyakit ini adalah salah satu cabang dari penyakit Herpes. Meski serupa, Herpes Gestationis adalah jenis penyakit yang jauh berbeda dengan penyakit Herpes yang umumnya kita kenal.

Apa itu Herpes Gestationis?
Herpes Gestationis (Pemphigoid Gestationis) adalah suatu penyakit auto-imun langka yang mempengaruhi wanita hamil. Penyakit ini menyerang ibu hamil pada usia trimester kedua kehamilan dan trimester ketiga. Herpes Gestationis disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang disebut Immunoglobulin tipe G (IgG) yang menyerang jaringan tubuh, lebih tepatnya substansi protein BPAG2 yang ada di bagian antara epidermis dan dermis. Akibat serangan itu, lapisan kulit luar akan melepuh dan membentuk ruam merah.

Gejala Herpes Gestationis
Meskipun penyakit ini bukan termasuk infeksi yang sering terjadi saat hamil namun wanita hamil harus tetap mengenali gejalanya. Gejala awal penyakit ini adalah munculnya benjolan merah yang terasa sangat gatal di daerah sekitar perut. Dalam beberapa hari, atau bahkan minggu, ruam akan menyebar ke area tubuh lainnya. Seperti area pinggul, punggung, pantat, dan lengan. Pada minggu ke 2 hingga minggu ke 4, barulah lepuhan-lepuhan merah gatal terbentuk di beberapa bagian tubuh Anda.

Tergantung pada masing-masing individu, beberapa wanita hamil tidak memiliki kulit melepuh, tetapi bercak merah di seluruh tubuh mereka. Hingga saat ini masih belum diketahui faktor-faktor yang berperan dalam perbedaan gejala tersebut. Herpes Gestationis sebenarnya bukan penyakit mematikan yang bisa mengancam kehamilan. Beberapa wanita hamil mengaku bahwa gejala penyakitnya memudar dan bahkan hilang sepenuhnya ketika mendekati persalinan.

Namun, tidak jarang beberapa wanita hamil justru mengalami gejala yang kian menjadi saat mendekati waktu kelahiran. Beberapa wanita hamil sembuh sepenuhnya dalam beberapa hari setelah melahirkan, tetapi dalam beberapa kasus penyakitnya tidak hilang sampai mencapai hitungan bulan atau bahkan bertahun-tahun.

Dampak Herpes Gestationis
Secara garis besar penyakit Herpes Gestationis bukanlah penyakit mematikan. Namun, meski jarang, penyakit ini juga bisa bertemu dengan penyakit lain yang nantinya mengakibatkan komplikasi kehamilan. Dampak yang dihasilkan oleh komplikasi kehamilan meliputi:

– Benjolan-benjolan merah itu juga akan menginfeksi bayi, meskipun selama ia mendapat asupan kolostrum dari ASI maka dengan sendirinya benjolan melepuh tersebut akan hilang dengan sendirinya.

– Infeksi sekunder yang menghasilkan bekas luka permanen pada kulit ibu dan terjadinya kelahiran prematur.

Semoga informasi singkat tentang Herpes Gestation ini berguna untuk Anda pembaca setia mimipipi.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

%d bloggers like this: