Tips Memilih Sepeda yang Aman Untuk Anak

Sepeda adalah salah satu hadiah yang paling diinginkan oleh anak-anak. Membeli sepeda untuk seorang anak sama seperti memperkenalkan kendaraan untuk anak Anda. Karena itu, Anda harus sangat berhati-hati saat membeli dan memilih untuk anak-anak. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilih sepeda untuk anak Anda, maka dari itu penting mengetahui tips memilih sepeda yang aman untuk anak sehingga anak bisa bermain sepeda dengan aman dan nyaman.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang sepeda
– Tips memilih sepeda yang aman untuk anak

Bersepeda bahkan menjadi salah satu tips melakukan olahraga ringan bagi anak yang sedang berpuasa. Sepeda juga menjadi salah satu olahraga yang menyehatkan. Maka sebelum membelikannya sepeda, berikut ini adalah tips memilih sepeda yang aman untuk anak, antara lain:

Ukuran Pas
Pilihlah sepeda dengan ukuran yang tepat sesuai dengan tinggi anak Anda. Jangan biarkan kursi motor terlalu tinggi untuk menyebabkan si kecil tidak bisa menjejak tanah dengan mudah. Tetapi juga berhati-hati untuk tidak memilih sepeda yang terlalu kecil untuk menyebabkan lututnya bertabrakan dengan stang sepeda saat mengayuh sepedanya. Maka dari itu, ada baiknya ajak si kecil ke toko sepeda agar dia bisa langsung mencobanya.

Beratnya Ringan
Tentunya, sepeda yang terasa ringan saat dikendarai akan membuat anak Anda menjadi lebih mudah untuk latihan bersepeda. Sebaliknya, sepeda dengan suspensi ganda (meskipun harganya cenderung lebih murah) akan terasa berat sehingga bisa mengakibatkan si kecil kehilangan minat untuk latihan sepeda.

Rem
Sebagian besar sepeda saat ini menggunakan rem tangan yang memudahkan anak untuk menghentikan laju sepeda mereka. Tidak perlu khawatir si kecil akan terpelanting ke depan saat dia mengerem sepedanya, terutama jika dia hanya mengendarai di area perumahan yang memiliki tipe jalanan landai.

Rangka Sepeda
Bingkai yang bagus tentunya harus kuat dan dirancang lurus ke depan sampai ke belakang. Untuk mengetahui kondisi ini, maka Anda harus melihat dari arah ban dalam posisi lurus ke belakang.

Stang Sepeda
Posisi stang dapat mempengaruhi kenyamanan anak Anda bersepeda. Jangan sampai stang sepeda terlalu dekat atau jauh sehingga anak dapat memegang stang dengan mudah dan nyaman.

Velg Sepeda
Dikutip dari Liputan6.com, velg yang bagus terbuat dari campuran logam dan aluminium. Bahan ini mampu dicengkram oleh rem saat basah. Kemudian pertimbangkan juga ukurannya, sebagai berikut:
• Anak berusia 2-4 tahun ukuran pelek 12 inci atau 30cm
• Anak berusia 4 – 7 tahun ukuran pelek 16 inci atau 40cm
• Anak berusia 5 – 8 tahun ukuran pelek 18 inci atau 45 cm
• Anak berusia 8 – 12 tahun ukuran pelek 20 inci atau 50 cm
• Anak berusia di atas 12 tahun ukuran pelek 24 inci atau 60 cm dan 26 inci atau 65 cm

Pelindung Rantai
Pelindung rantai dapat melindungi celana atau kaki anak agar tidak kotor dan terangkut. Rantai yang tidak memiliki pelindung akan memberikan peluang kaki anak bergesekan saat mengayuh sepeda.

Tidak hanya sepeda, Anda juga diharuskan membeli aksesori pelindung seperti helm atau pelindung lutut dan siku. Beberapa orang tua lebih cenderung tidak membeli pelindung siku atau lutut, tetapi helm haruslah dimiliki. Helm sepeda harus memiliki ukuran yang tepat, dengan tali yang mengunci helm dengan sempurna, tanpa membuat si kecil tercekik. Demikianlah beberapa tipsnya, selalu temani si kecil ketika ia belajar bersepeda. Ingatkan dia untuk tetap berhati-hati dan tidak mengebut sehingga tidak membahayakan ia dan orang lain. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =

%d bloggers like this: