Mengenal Hemangioma Pada Anak

Bercak merah di kulit seorang bayi yang baru lahir dapat disebabkan oleh berbagai hal. Bercak tersebut sering dianggap sebagai tanda lahirnya. Namun taukah Anda mengenai tanda lahir yang disebut dengan hemangioma. Sebelum menerka tanda lahir yang ada di tubuh anak Anda, alangkah baiknya mengenal hemangioma pada anak yang kami rangkumkan pada kesempatan kali ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Pengertian hemangioma
– Tanda-tanda hemangioma
– Faktor penyebab hemangioma muncul

Pengertian Hemangioma
Hemangioma atau sering disebut sebagai tanda strowberi adalah suatu kondisi dimana seseorang memiliki tanda lahir yang ada di permukaaan kulit dengan tekstur layaknya seperti karet dan berwarna merah terang serta memiliki pembuluh darah ekstra pada kulit. Dikutip dari Okezone.com, hemangioma terjadi pada permukaan kulit dan biasnya terdapat di wajah, punggung, kulit kepala dan juga dada.

Hemangioma ini dapat dimasukkan ke dalam pada kelompok tumor jinak tetapi tidak seperti kanker melainkan benjolan yang terbentuk dari pembuluh darah. Meski tergolong tumor jinak, hemangioma tidak selalu berbentuk seperti benjolan tumor pada umumnya.

Tanda-Tanda Hemangioma
Pada awal kemunculannya, hemangioma ini akan tampak benjolan merah seperti tanda lahir. Bahkan kami pernah menjadikannya salah satu dari jenis-jenis tanda lahir pada tubuh anak yang perlu Anda ketahui. Dan ini biasanya akan mulai muncul setelah usia bayi satu minggu hingga empat minggu setelah lahir. Tidak jarang satu hingga dua bulan setelah lahir.

Dalam banyak kasus, benjolan pada umumnya memiliki diameter sekitar 1 hingga 4 cm. Biasanya hemangioma ini akan mulai mengecilkan bentuk pada usia satu hingga tujuh tahun dan biasanya akan semakin mengecil pada usia anak-anak berusia 10 hingga 12 tahun. Bahkan ada beberapa kasus yang ditemukan, hemangioma ini akan hilang pada usia anak 10 hingga 13 tahun.

Faktor Penyebab Hemangioma Muncul
Hingga saat ini belum diketahui secara jelas, hal dan faktor apa yang bisa menyebabkan terjadinya hemangioma atau bintik merah pada anak. Namun, hal yang baru diketahui sampai sekarang bahwa hemangioma:

1. Kasus hemangioma lebih sering terjadi pada bayi kembar.
2. Lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak daripada pada remaja dan orang dewasa.
3. Hemangioma juga biasanya ditemukan pada orang Kaukasia, seperti Asia dan Afrika.

Satu hal yang perlu diperhatikan hemangioma bukanlah penyakit ganas, karena pada umumnya hemangioma ini bisa hilang dengan sendirinya. Hemangioma mungkin sulit dideteksi sejak dini. Jika ditemukan tanda-tanda dan kelainana pada kulit anak-anak atau ketika hemangioma tersebut sedang mengalami gangguan aneh seperti pendarahan atau hal lain ada baiknya segera bawa dokter anak Anda untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + one =

%d bloggers like this: