Cara Membangun Hubungan Erat dengan Anak

Akibat tuntutan karir pekerjaan, membuat ibu jarang memiliki waktu untuk anaknya dan mempercayai anak diasuh oleh baby sisternya. Tidak jarang, hal ini lama-kelamaan akan membuat si anak jauh lebih dekat dengan baby sisternya dibandingkan dengan Anda. Cemburu? pastinya semua ibu cemburu melihat hal ini terjadi pada anaknya. Untuk itu perlu Anda ketahui cara membangun hubungan erat dengan anak berikut ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Manfaat membangun hubungan erat dengan anak
– Cara membangun hubungan erat dengan anak

Apapun situasinya, adalah tugas orang tua untuk tetap membangun kedekatan dengan anak-anak mereka. Menurut Kompas.com, kedekatan yang dibangun orang tua terhadap anak sejak usia dini juga, akan berguna dalam membentuk karakter anak-anak Anda. Selain itu, kedekatan orang tua dan anak akan mempengaruhi kecerdasan anak itu sendiri. Berikut beberapa cara membangun hubungan erat dengan anak, antara lain:

Terimalah temperamen anak
Setiap anak tumbuh dengan temperamen yang unik. Temperamen anak umumnya dibagi menjadi empat kategori seperti suka tantangan, easygoing, tenang, dan campuran beberapa temperamen. Tugas penting orang tua adalah menyesuaikan diri dengan kepribadian anak. Tantangan semakin besar ketika orang tua memiliki temperamen yang bertentangan dengan anak. Sebagai orang dewasa, menerima temperamen seorang anak akan membantu si anak dan membangkitkan rasa aman dan percaya.

Jadwalkan waktu bermain bersama
Anda perlu meluangkan waktu 1 hingga 2 jam sehari untuk bermain bersamanya. Apapun permainannya, baik itu di dalam rumah maupun di luar rumah. Ciptakan sausana permainan yang memacu daya kreativitas anak dan meningkatkan keterampilannya, baik itu motorik, bahasa, sosial, emosional dan kognitif. Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang jenis mainan untuk menstimulasi kecerdasan anak. Intinya segala permainan bisa dilakukan, selama Anda bisa melakukannya bersama mereka.

Kendalikan diri Anda
Selama bermain, jagalah gadget yang Anda miliki. Fokus untuk menemaninya dalam waktu yang telah Anda luangkan. Jika Anda benar-benar ingin memiliki dokumentasi, setelah selesai mengambil kemudian simpan kembali gadget tersebut. Untuk satu hal ini, perlu ada konsisten dari dalam diri Anda. Tidak ada gadget untuk Anda sendiri saat bersama si kecil, sehingga si kecil benar-benar merasa bahwa Anda sangat menyayanginya.

Bertanya ‘apa’ dan ‘kenapa’
Dorong anak untuk berpikir kritis terhadap setiap kegiatan yang dilakukannya, misalnya dengan memulai pertanyaan kepada anak, menggunakan pertanyaan “Apa ini Nak?” atau “Kenapa bisa begini Nak?”, sehingga anak akan menjawab dan merespons dengan imajinasinya. Meskipun mereka belum bisa berkomunikasi dengan baik, ini adalah tugas Anda sebagai ibu untuk bertanya, tetapi juga memberi jawaban yang mudah dimengertinya. Jangan ragu dan merasa sia-sia ketika anak mampu mendengar dengan baik, maka yakinlah mereka mengerti apa yang Anda katakan.

Bebaskan namun tetap dampingi
Biarkan dia menciptakan sesuatu sesuai keinginannya. Misalnya mewarnai sesuka hati, bermain pasir dengan kreasi sendiri, membentuk playdough dan mencampur semua warnanya. Yang penting tugas Anda sebagai orang tua, memberikan semua fasilitas untuk merangsang kemampuan berpikir dan kreativitasnya.

Menjadi ibu yang kreatif
Buatlah permainan Anda sendiri bersama anak-anak, tidak perlu mahal. Anda dapat memanfaatkan segala sesuatu di sekitar Anda. Baik itu flora, fauna, barang bekas dan semua hal yang Tuhan ciptakan di bumi ini semua memiliki manfaat untuk pembelajaran.

Memberi pujian di waktu yang tepat
Berikan pujian di waktu yang tepat, ini penting karena anak akan tahu kapan dia benar-benar berhasil melewati sebuah tantangan. Lihatlah situasi di mana anak memang membutuhkan pujian dari Anda sebagai orang tuanya. Ingat, terlalu sering memberi pujian apalagi bukan di waktu yang semestinya, juga tidak baik untuk perkembangan emosional si anak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 1 =

%d bloggers like this: