Waktu yang Tepat Untuk Anak Laki-Laki Sunat

Seorang anak disunat atau tidak, umumnya sebuah tradisi dipengaruhi oleh keyakinan agama dan budaya anak itu sendiri. Biasanya prosedur sunat dilakukan di rumah sakit, klinik, dukun setempat atau layanan khitanan di daerah sekitar Anda tinggal. Namun apakah Anda tahu waktu yang tepat untuk anak laki-laki sunat, karena hal ini pun masih menjadi perbincangan khususnya orang tua yang baru saja dikaruniai anak laki-laki.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Apa itu sunat?
– Manfaat sunat
– Waktu yang tepat anak laki-laki sunat

Sebelum membahas waktunya, ada baiknya ketahui terlebih dahulu tentang apa itu sunat? Sunat atau disebut juga khitan, atau sirkumsisi adalah suatu tindakan yang memotong ujung atau membuang sebagian kulit kepala penis laki-laki. Umumnya, sunat diidentikan dengan sebuah tradisi yang dipengaruhi oleh agama dan budaya. Akan tetapi saat ini banyak orang tua yang menyakini sunat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan alat vital anaknya.

Manfaat Sunat
Meskipun proses sunat itu sakit dan mendebarkan, sebenarnya sunat memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mengurangi timbulnya infeksi saluran kemih (ISK) pada pria. Bahkan, anak-anak yang tidak dikhitan, ketika dewasa nanti akan lebih rentan 10 kali terkena infeksi saluran kemih daripada anak-anak yang disunat. Manfaat sunat juga mempengaruhi saat ia telah dewasa, yaitu dapat mengurangi risiko kanker penis, meski sebenarnya penyakit ini jarang terjadi pada orang yang disunat atau tidak disunat. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa sunat mempengaruhi terhadap ketahanan penyakit menular seksual seperti HIV/AIDS.

Selain itu, anak-anak yang disunat juga akan terbebas dari masalah penis, seperti peradangan, infeksi, atau iritasi yang sering terjadi pada anak-anak yang tidak disunat. Penis merupakan organ genital yang menjadi salah satu dari 6 bagian tubuh anak yang wajib diperhatikan saat mandi, karenanya saat anak itu disunat, maka bisa menjadi salah satu proses yang lebih mudah untuk menjaga kebersihan penis anak tersebut.

Waktu yang Tepat Anak Laki-Laki Disunat
Dikutip dari Okezone.com, menurut Integral Medical Center di London, waktu yang tepat untuk anak laki-laki disunat adalah 7-14 hari. Seperti misalnya dalam agama Islam yang menyarankan sunat sejak usia bayi 1 minggu. Namun beberapa ahli mengatakan, pada bayi baru lahir sekitar usia satu minggu, darah yang keluar saat proses khitan masih sedikit. Selain itu, saat masih bayi, pembentukan sel-sel dan jaringan yang sedang berkembang pesat. Apalagi rasa sakit yang dirasakannya tidak terlalu berat.

Pada usia bayi, risiko trauma oleh proses sunat juga tidak akan mempengaruhi masa depan si anak. Akan tetapi tidak semua anak dapat disunat sewaktu bayi, karena menyunat anak laki-laki ketika bayi tidak bisa langsung dilakukan sembarangan. Kondisi bayi harus sehat, dan kondisi organ vitalnya juga harus dalam keadaan stabil. Biasanya dokter jarang melakukan sunat untuk bayi di bawah lima tahun karena alasan medis. Namun jika bayi ditemukan dalam kondisi tertentu seperti salah satunya ada infeksi pada kelenjar penis, maka bayi disarankan untuk menjalani tindakan sunat.

Dan sebenarnya, sunat bisa dilakukan kapan saja tergantung kesiapan orang tua dan anak itu sendiri. Namun ketika sunat dilakukan saat anak sudah beranjak dewasa, akan ada beberapa risiko yang mungkin dialaminya seperti perlunya beberapa jahitan pada kulit penis dan risiko pendarahan saat sunat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 + 19 =

%d bloggers like this: