Beberapa Alasan Anak Susah Tidur

Masalah tidur anak menjadi tantangan tersendiri bagi setiap orang tua. Bagaimana tidak? Karena kualitas tidur juga menjadi salah satu penunjang tumbuh kembangnya. Maka dari itu, Anda tidak boleh membiarkan kondisi ini terus-terusan mengganggunya. Terdapat beberapa alasan anak susah tidur, salah satunya si kecil merasa takut jika tidur tidak bersama orang tuanya dan alasan-alasan lainnya yang akan kami bahas pada kesempatan kali ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang kebutuhan tidur setiap orang
– Alasan anak susah tidur

Dilansir dari Liputan6.com, tidur merupakan sebuah kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi setiap orang termasuk anak-anak. Namun, anak-anak kerap mengalami kesulitan untuk bisa tidur nyenyak, hal ini sangat berisiko dan dapat memicu gangguan pada kesehatannya. Selain itu, kurang tidur bagi mereka dapat menyebabkan kesulitan dalam belajar dan memperhatikan sesuatu. Berikut beberapa alasan anak susah tidur, antara lain:

Waktu tidur siang yang salah
Anak mungkin tidak dapat tidur di malam hari karena dia telah menghabiskan waktu tidur siang yang sangat lama. Tidur siang itu baik dan bermanfaat bagi anak, tetapi jika terlalu lama dan dilakukan pada waktu yang salah, tidur siang dapat mengganggu tidur malam anak. Biasanya anak-anak yang mengambil waktu tidur di siang menjelang sore hari dapat mengalami masalah tidur di malam hari. Anda harus memiliki jam tidur untuk anak yang diatur dengan baik, sehingga dapat membantu tubuh dan pikiran anak terbiasa tidur pada waktu yang ditentukan.

Anak takut tidur terpisah dari orang tuanya
Anda bisa menemani si kecil sampai tertidur, atau mendekorasi kamar tidurnya dengan foto atau mainan yang disukai anak itu sehingga ia merasa nyaman dan bahagia berada di dalam kamar tidurnya. Juga sesuaikan suhu ruang anak agar anak tidak kedinginan atau terlalu panas. Buat kamar tidur anak senyaman mungkin, sehingga ketakutan anak akan tidur akan hilang secara bertahap.

Stres dan kecemasan
Jika anak Anda sulit tidur, mungkin ini disebabkan oleh stres dan kecemasan yang ia dapatkan saat ini. Stres dan kecemasan bisa anak-anak dapatkan dari lingkungan, seperti masalah dengan teman, berpikir tentang ujian sekolah, atau tentang kegiatan yang telah dia lakukan. Sebelum tidur, Anda harus membantu anak Anda untuk mengurangi stresnya. Anda dapat mengajak anak untuk berdiskusi agar dia menceritakan apa yang dipikirkannya, memberi nasihat kepadanya, dan mengajaknya untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan. Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang penyebab dan cara meredakan stres pada anak sehingga masalah ini dapat Anda atasi sejak dini.

Mimpi buruk
Anak-anak yang mengalami mimpi buruk biasanya akan takut untuk tidur. Mimpi buruk ini biasanya disebabkan karena sebelum tidur anak-anak menonton film yang menakutkan atau membaca buku cerita yang menakutkan. Sebaiknya ajak anak untuk memikirkan hal-hal yang menyenangkan sebelum tidur. Anda dapat mengajaknya menceritakan hal yang membahagiakan atau juga mengingatkannya untuk berdoa sebelum tidur agar terhindar dari mimpi buruk.

Masalah dalam ritme tidur sirkadian
Setiap individu memiliki ritme sirkadian mereka sendiri-sendiri. Ritme sirkadian ini dapat mengatur kapan tubuh anak membutuhkan tidur dan kapan harus bangun. Jika seorang anak merasa sulit untuk tidur di malam hari atau sulit untuk tetap terjaga di siang hari, mungkin anak Anda memiliki masalah dengan ritme sirkadiannya. Untuk mengatasi masalah ini, Anda mungkin dapat menyesuaikan kembali jam biologis anak dengan lingkungannya secara bertahap. Saat waktu tidur malam telah tiba, Anda dapat mematikan lampu kamar anak atau elektronik lainnya yang memancarkan cahaya biru. Karena lampu dan barang-barang elektronik dapat menekan produksi melatonin (hormon yang membuat anak-anak tidur), sehingga anak akan lebih sulit tidur dalam keadaan kamar yang terang.

Demikianlah beberapa alasan anak susah tidur, sebaiknya saat menjelang waktu tidurnya penting untuk Anda menjauhinya dari televise dan alat elektronik lainnya. Ajarkan juga untuk melakukan kebiasaan baik sebelum tidur misalnya menyikat gigi, pergi ke toilet dan mengganti baju jika perlu. Jangan lupa matikan lampu kamarnya sehingga kualitas tidur anak semakin berkualitas. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × one =

%d bloggers like this: