Penyebab Anak Tetap Kurus Sekalipun Banyak Makan

Berbagai nutrisi seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh anak untuk tumbuh kembangnya, ini diperoleh melalui makanan yang mereka konsumsi. Berat badan anak yang tidak kunjung naik, padahal sudah banyak makan, menjadi momok mengkhawatirkan bagi para orang tua. Ketahuilah banyak penyebab anak tetap kurus sekalipun banyak makan, seperti gizi yang tidak seimbang adalah salah satu penyebab utamanya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Nutrisi yang dibutuhkan anak
– Penyebab anak tetap kurus sekalipun banyak makan

Pertumbuhan anak adalah salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Bukan hanya bertambah tinggi atau bertambah cerdas, anak juga harus diperhatikan kondisi berat badannya. Vitamin D, Kalsium, Serat, dan Potasium merupakan 4 nutrisi penting masa pertumbuhan anak yang senantiasa harus diberikan. Berikut beberapa penyebab anak tetap kurus sekalipun banyak makan, diantaranya:

1. Anak yang suka memilih makanan
Dikutip dari Kompas.com, terkadang ada anak yang senang makan sayur itu-itu saja. Bisa jadi dia akan mengalami kekurangan gizi lainnya sehingga membuat berat badannya tidak naik sekalipun telah makan sayuran. Cobalah untuk memberikannya berbagai varian menu, karena di masa pertumbuhan anak membutuhkan banyak asupan gizi yang tidak hanya berasal dari satu jenis makanan saja. Biasakan anak konsumsi berbagai makanan lain yang juga bergizi.

2. Masalah kesehatan
Pakar kesehatan memperingatkan orang tua yang memiliki anak kurus untuk segera memeriksa kondisi kesehatan mereka ke dokter. Dikhawatirkan, anak mengalami masalah kesehatan seperti penyakit diare kronis, hati hingga penyakit pencernaan (cacingan) yang akan membuat berat badan anak cenderung stabil. Penyakit kerongkongan juga bisa menghambat kenaikan berat badan anak. Ini membuat anak tidak menyerap cukup nutrisi dalam setiap makanan yang dikonsumsinya.

3. Asal banyak makan
Cukup banyak orang tua yang bingung dengan kondisi anaknya yang sudah makan dengan lahap namun tetap memiliki tubuh kurus. Pakar kesehatan mengatakan jika ini bisa terjadi karena apa yang dimakan oleh anak ternyata memiliki tingkat gizi yang tidak seimbang. Sebagai orang tua, memiliki tugas memberikan makanan bergizi bagi anaknya. Beberapa orang tua memiliki pandangan tentang anak-anak yang tumbuh dewasa harus diberi makanan apa saja. Padahal, kalori dan kandungan gizi yang cukup akan membuat berat badan anak bertambah. Selain itu, banyak orang tua yang mencoba membatasi asupan lemak dalam hidangan makanannya. Padahal, makanan berlemak juga penting untuk tumbuh kembangnya.

4. Terkena infeksi
Beberapa jenis infeksi bakteri atau virus yang berbahaya dapat memicu masalah kesehatan seperti TBC. Jika ini terjadi, maka tubuh anak tidak akan bisa menyerap nutrisi makanan dengan maksimal sehingga tubuhnya menjadi semakin kurus.

5. Memiliki alergi makanan
Beberapa alergi makanan dapat membuat penyerapan nutrisi tidak berfungsi. Seperti anak yang alergi protein gluten. Sistem imun yang timbul dari protein ini, menyebabkan kerusakan pada lapisan usus, sehingga tidak dapat menyerap nutrisi dengan baik. Ketika seorang anak memiliki alergi seperti alergi protein susu, itu berarti dia tidak dapat menyerap nutrisi lain yang terkandung dalam susu.

6. Faktor lingkungan
Lingkungan dan sosial anak-anak turut serta membuat anak yang sudah makan banyak tetap kurus. Misalnya, seorang anak yang tidak memiliki jadwal makan yang jelas. Ini akan membuat si anak hanya asal makanan, tanpa memikirkan gizi yang cukup untuknya. Rasa marah, stres dan frustrasi karena waktu makan juga bisa menyebabkan gangguan makan, karena anak jadi makan tidak benar dan cenderung asal-asalan.

Itulah beberapa penyebab anak tetap kurus sekalipun banyak makan yang perlu Anda ketahui. Selalu perhatikan pola makan, kesehatan dan tumbuh kembang si kecil agar keceriaanya selalu bisa Anda lihat dan Anda rasakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + 10 =

%d bloggers like this: