Cegah & Segera Atasi Gigi Kuning Pada Anak

Anak-anak memang tidak bisa lepas dari yang namanya makanan dan minuman manis. Namun Anda sebagai orang tua pastinya akan khawatir ketika akhirnya gigi anak rusak, berlubang dan mulai menguning akibat makanan dan minuman tersebut. Itulah mengapa sangat penting cegah & atasi gigi kuning pada anak sedini mungkin sehingga hal-hal buruk yang dapat merusak kesehatan gigi bisa dihindari.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Pentingnya menjaga kesehatan gigi
– Tips mencegah gigi kuning pada anak
– Cara mengatasi gigi kuning pada anak

Selain gigi kuning, penting untuk mengetahui tips cegah karies pada gigi balita agar gigi anak Anda sehat dan terjaga. Ajaklah pula anak untuk rutin memeriksakan giginya ke dokter gigi paling tidak enam bulan sekali.

Tips Cegah Gigi Kuning Pada Anak

1. Menerapkan aturan menyikat gigi
Malas menggosok gigi tidak hanya ditemukan pada anak-anak, bahkan orang dewasa sering meremehkan manfaat menyikat gigi. Padahal, hal tersebut dapat menyebabkan masalah pada gigi akibat penumpukan plak, bakteri dan kuman yang bersarang di gigi dan mulut. Untuk membuat anak rajin menyikat gigi, maka Anda sebagai orang tua tentunya harus menjadi contoh yang baik untuknya. Selalu ajak dan damping anak untuk membiasakan sebelum tidur malam untuk menggosok gigi, sehingga akan tertanam didalam dirinya kebiasaan baik ini hingga ia dewasa nanti.

2. Pilih secara selektif vitamin untuk anak
Beberapa vitamin yang beredar, banyak mengandung zat besi yang sangat tinggi. Dikutip dari Alodokter.com, salah satu untuk mencegah terjadinya warna kuning pada gigi anak adalah dengan selektif memilih vitamin dengan kandungan zat besi yang seimbang dengan kandungan vitamin lainnya.

3. Hindari anak dari makanan dan minuman manis
Selain merusak gigi karena dapat membuatnya berlubang, kandungan pemanis dalam makanan dan minuman yang dimakan oleh anak ikut berperan dalam pembentukan warna kuning pada giginya. Karena itu, ada baiknya mulai membatasi makanan dan minuman manis pada anak secara bertahap sehingga nantinya anak dapat sedikit dihindarkan dari konsumsi makanan dan minuman manis yang berlebihan.

Cara Mengatasi Gigi Kuning Pada Anak
Jika anak masih takut untuk ke dokter gigi, Anda bisa terapkan beberapa cara mengatasi gigi kuning pada anak dengan bahan yang alami dan juga murah, antara lain sebagai berikut:

Siwak
Siwak telah lama digunakan sebagai bahan alami untuk menjaga kebersihan dan warna putih alami gigi, Anda hanya perlu menggosok siwat pada gigi secara rutin.

Stroberi
Tidak hanya lezat untuk dimakan, stroberi mengandung vitamin C dan asam ellagic yang dapat membantu memutihkan gigi. Anda dapat menggunakannya dengan menggosok buah ini di gigi anak Anda secara rutin.

Kulit jeruk
Gunakan kulit jeruk segar untuk memutihkan gigi anak secara alami. Bahkan dengan penggunaan yang rutin, gusi anak juga akan lebih sehat dan bebas bakteri.

Baking soda
Baking soda mungkin lebih dikenal sebagai salah satu bahan wajib saat memanggang roti dan kue. Siapa sangka, ternyata baking soda memiliki sifat abrasifnya yang cukup tinggi dapat membantu mengangkat kotoran kecil pada gigi anak.

Namun dari segala yang kami sebutkan di atas, Anda pun bisa berkonsultasi pada dokter untuk menghilangkan gigi kuning anak yang telah terlanjur bersarang agar dapat diatasi dengan cara yang lebih baik lagi. Berikan selalu pengertian pada anak untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan mulutnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × two =

%d bloggers like this: