Daftar Perlengkapan Bayi Wajib dibawa Saat Bepergian

Mengajak bayi bepergian keluar rumah seperti di taman atau bepergian jauh seperti mudik, pastinya merupakan suatu hal yang lumrah bagi orang tua. Akan tetapi, persiapan bepergian bersamanya menjadi hal yang merepotkan. Belum lagi Anda pasti khawatir jika bayi rewel selama perjalanan, maka dari itu Anda perlu daftar perlengkapan bayi wajib dibawa saat bepergian sehingga Anda dapat mengantisipasi sesuatu hal yang biasanya terjadi pada sang buah hati.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Daftar perlengkapan bayi
– Alasan membawa perlengkapan bayi tersebut

Demi kelancaran dan kenyamanan si bayi selama di perjalanan, tidak jarang bayi membutuhkan banyak barang bawaan di dalam tasnya. Oleh karena itu, agar tidak ada yang terlewatkan di bawah ini daftar perlengkapan bayi wajib dibawa saat bepergian penting Anda ketahui:

Pakaian Ganti
Dikutip dari Tribunnews.com, terkadang selama perjalanan pakaian yang dikenakan bayi kotor oleh makanan atau basah karena tumpahan air. Selain itu, terkadang bayi juga kurang nyaman dengan pakaian yang sudah basah oleh keringat. Karena itu, sangat penting untuk membawa pakaian ganti sekitar dua atau tiga pasang untuk berjaga-jaga selama perjalanan si kecil tidak nyaman lagi dengan baju yang dikenakannya.

Perlengkapan Mandi
Dalam peralatan mandi ini, barang pertama adalah tisu basah, pengganti ajaib untuk air. Ketika Ibu merasa sulit mendapatkan air untuk membersihkan makanan atau mengganti popok kecil, hal ini akan sangat membantu. Namun, Anda perlu memperhatikan penggunaan tisu basah pada anak Anda. Pastikan tisu tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat membuatnya alergi. Selain itu, jangan lupa pula untuk membawa bedak bayi, minyak telon, dan salep khusus untuk popok si kecil agar bisa selalu merasa nyaman saat bepergian.

Handuk Kecil
Handuk kecil juga jangan lupa dimasukkan ke dalam tas perlengkapan bayi. Handuk kecil ini memainkan peran penting untuk mengeringkan tubuh bayi. Misalnya setelah toilet dan setelah mandi. Kegiatan ini tentu menyebabkan tubuh bayi basah oleh semprotan air. Karena itu perlu dikeringkan dengan handuk kecil ini.

Susu Formula
Jika Anda memberikan susu formula kepada bayi, itu berarti persediaan susu yang cukup adalah hal terpenting yang harus Anda bawa. Sesuaikan stok susu dengan usia dan kebutuhan minum bayi Anda.

Peralatan Makan
Jika si kecil telah diperkenalkan dengan MPASI, sangat penting untuk membawa peralatan makan seperti sendok dan kotak makannya. Ketika dia lapar, Ibu dapat menyiapkan makanan siap saji seperti pisang, alpukat, atau MPASI yang telah disiapkan dari rumah. Membawa peralatan makan sendiri dapat mengurangi kemungkinan bayi Anda mengalami masalah sanitasi.

Perlak Kecil
Mungkin sebagian ibu lupa untuk membawa salah satu perlengkapan bayi yang satu ini. Padahal, alas ini berguna agar tidak ada noda yang tersisa di kursi mobil atau di tempat ruang nursery umum.

Selimut
Selama musim pancaroba, cuaca sangat sulit diprediksi. Anda dapat mengantisipasinya dengan membawa selimut untuk berjaga-jaga jika suhu turun secara tiba-tiba. Bayi masih memiliki lapisan kulit yang sangat tipis, sehingga sulit untuk menangkal suhu ekstrim. Selain itu, handuk pun berguna untuk menutupi bayi saat Anda menyusuinya, dan melindungi pakaian Anda saat bayi bersendawa.

Gendongan
Siapkan gendongan yang nyaman dan bisa menampung bayi dengan baik, bisa berbentuk gendongan depan, belakang atau Anda bisa mengikuti panduan memilih gendongan bayi sehingga dapat memudahkan Anda mengendong bayi sekaligus dapat membawa barang-barang lainnya yang dibawa saat bepergian.

Stroller
Membawa kereta bayi yang ringan dan praktis adalah sesuatu yang tidak boleh dilupakan ketika akan bepergian dengan Si Kecil. Selain itu bawa pula beberapa mainan si kecil agar ia nyaman saat di perjalanan.

Obat-Obatan Bayi
Ini penting untuk mengantisipasi, bawa beberapa obat-obatan ringan yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh bayi. Seperti misalnya minyak angin, termometer, stiker kompres penurun demam, dan lain sebagainya.

Kantong Plastik
Ketika si kecil dibersihkan setelah makan, muntah, atau buang air besar di dalam mobil, dibutuhkan wadah sementara untuk membuang tisu bekas dan popok sekali pakai. Di sinilah kantong plastik sangat diperlukan saat Anda dan si kecil bepergian. Selain menyimpan pakaian basah, kantong plastik bisa mencegah bau tidak sedap baju dan popok kotor.

Demikianlah semua daftar perlengkapan bayi, semua demi kelancaran dan kenyaman Anda serta bayi saat di perjalanan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − five =

%d bloggers like this: