Kegiatan Rumah Tangga yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil

Saat hamil, alangkah baiknya Anda serta suami mulai melakukan pembagian tugas rumah tangga. Kegiatan rumah tangga yang telalu berat dan melelahkan akan berdampak pada kehamilan Anda baik secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu artikel ini menerangkan ada beberapa kegiatan rumah tangga yang sebaiknya dihindari ibu hamil, agar kesehatan ibu dan bayi tetap sehat dalam masa kehamilan.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang kehamilan
– Kegiatan rumah tangga yang harus dihindari ibu hamil

Dalam masa kehamilan, Anda sebaiknya lebih berhati-hati dalam menjalankan aktivitas, baik itu aktivitas rutinitas di tempat kerja maupun aktivitas rumah tangga. Sebenarnya membantu aktivitas rumah tangga merupakan hal yang dapat dilakukan suami selama istri hamil. Di bawah ini beberapa kegiatan rumah tangga yang sebaiknya Anda hindari saat hamil:

Mengangkat benda terlalu berat
Salah satu kegiatan rumah tangga yang sebelumnya sering dilakukan terkhusus ibu rumah tangga seperti mengangkat ember berisi penuh air. Kegiatan seperti inilah yang mulai dan memang harus dihindari ibu hamil, terutama pada ibu hamil yang memiliki kondisi medis seperti plasenta previa.

Terlalu sering terpapar bahan kimia
Alangkah baiknya ibu hamil harus berhati-hati dan tidak menggunakan bahan kimia. Paparan bahan kimia yang kuat sangat berbahaya bagi Anda dan janin. Bahan kimia yang kuat terkandung oleh berbagai macam pembersih seperti pembersih kamar mandi, pembersih dapur dan cat. Dikutip dari Okezone.com, dikhawatirkan jika ibu hamil menghirup aromanya bisa berisiko keracunan. Dengan begitu Anda disarankan untuk menggunakan pembersih lantai alami seperti menggunakan cuka atau baking soda dan jika memang harus melakukan kegiatan rumah tangga ini usahakan menggunakan masker mulut dan hidung.

Hindari berdiri terlalu lama
Jauhi kegiatan rumah tangga yang mengharuskan Anda berdiri berjam-jam, salah satunya kegiatan di dapur. Karena umumnya Anda akan berdiri cukup lama saat Anda sedang memasak. Berdiri dalam waktu lama akan menambah tekanan ekstra pada kaki dan punggung Anda.

Menyemprot serangga dengan pestisida
Hindari juga salah satu kegiatan rumah tangga seperti menyemprot serangga, minta bantuan pada suami Anda atau mungkin orang lain yang ada di rumah untuk melakukannya. Selain itu, ibu hamil harus hindari masuk ke ruangan yang baru disemprot dengan cairan serupa.

Membersihkan kipas langit-langit
Ibu hamil haruslah menghindari kegiatan rumah tangga yang terlalu tinggi seperti membersihkan kipas langit-langit atau menggantung tirai (gorden). Kegiatan seperti ini tentunya mengharuskan Anda memanjat, hal demikian sangat berisiko seperti membuat Anda terjatuh. Seperti yang telah diketahui, ibu hamil mengalami perubahan pusat gravitasi di perut, sehingga tanpa disadari kemungkinan risiko jatuh jauh lebih besar.

Mengepel lantai dengan tongkat
Ibu rumah tangga pastinya tidak lepas dengan kegiatan mengepel, namun ibu hamil sangat disarankan untuk tidak melakukannya. Apalagi jika mengepel menggunakan tongkat, karena hal ini akan menyebabkan linu panggul dan radang saraf siatik. Selain mengepel, kegiatan apapun yang mengharuskan Anda membungkuk ke depan bisa membuat kehamilan Anda berisiko. Jika memang ingin mengepel, usahakan mengepel sambil jongkok tanpa menggunakan tongkat.

Mengganti tempat sampah
Walaupun kedengarannya aneh, tetapi kenyataannya ibu hamil harus menghindari kegiatan rumah tangga ini. Terlalu sering berada di dekat tempat sampah, apalagi mengganti wadahnya, akan membuat Anda berisiko tinggi terkena toksoplasmosis. Toksoplasmosis adalah infeksi parasit yang ditularkan melalui kotoran kucing. Selain berbahaya bagi kesehatan Anda, kondisi ini juga berbahaya bagi janin yang Anda kandung.

Itulah beberapa kegiatan rumah tangga yang harus dihindari ibu hamil, apapun kegiatannya ibu hamil harus ingat untuk tetap banyak istirahat. Jika memang kegiatan rumah tangga itu harus Anda lakukan, selingkan dengan berhenti sejenak untuk istirahat . Supaya kegiatan rumah tangga selesai, Anda dan janin tetap aman dan sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen + fifteen =

%d bloggers like this: