Ketahui Fungsi Air Ketuban Bagi Janin

Seperti yang telah kita tahu, selama 9 bulan janin hidup dalam air ketuban yang terbungkus oleh kantong ketuban di dalam rahim. Fungsi air ketuban sangatlah berpengaruh bagi pertumbuhan dan perkembangan janin. Zat yang terkandung dalam air ketuban yakni 98% air dan 2% nya berupa hormon, enzim, pigmen, elektrolit, derifat protein, glukosa, lemak, dan lemak protein. Maka dari itu ketahui fungsi air ketuban bagi janin yang kami rangkumkan di bawah ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Kandungan air ketuban
– Fungsi air ketuban

Berikut beberapa fungsi air ketuban bagi janin yang perlu Anda ketahui.

Penyedia Nutrisi
Dikutip dari Alodokter.com, dalam percobaan fetus kelinci, air ketuban mampu menyediakan nutrisi sekitar 10 hingga 14 persen pada janin kelinci yang normal. Selain itu, air ketuban juga mendukung perkembangan saluran pencernaan.

Menstabilkan Suhu
Air ketuban berfungsi untuk menjaga suhu di dalam kandungan tetap hangat, sehingga janin merasa lebih nyaman dan bisa berkembang dengan baik. Cairan ketuban selalu didaur ulang secara sistematis sehingga menghasilkan kestabilan suhu ruangan yang selalu hangat dan aman di dalam rahim. Namun ketika air ketuban pecah hal ini menjadi salah satu dari 5 tanda ibu hamil akan segera melahirkan.

Melindungi Janin
Meskipun berada di dalam perut, janin tidak terlepas dari yang namanya goncangan, benturan dan tekanan yang mungkin dialami ibu hamil (tanpa ada unsur kesengajaan). Air ketuban akan melindungi janin dari hal-hal demikian sehingga pertumbuhan janin dalam kandungan bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan. Tidak hanya melindungi janin dari bahaya seperti itu, karena air ketuban pun akan melindungi bayi dari berbagai bahaya penyakit yang dapat mengancam kesehatan janin seperti infeksi dan lain-lain. Tuhan menciptakan air ketuban untuk melindungi janin dari berbagai penyakit, karena meskipun di dalam kandungan janin sangat rentan terhadap serangan penyakit.

Membantu Pembentukan Paru dan Tulang
Air ketuban dalam pembentukan organ paru-paru sangatlah penting, setelah paru-paru terbentuk dengan baik pernafasan janin bisa berjalan dengan lancar. Bukan hanya berfungsi dalam membentuk organ paru, karena air ketuban pun berfungsi dalam pembentukan tulang. Air ketuban membuat janin mudah bergerak sehingga tulang janin akan lebih cepat berkembang dengan sempurna.

Membantu Pendengaran Janin
Air ketuban juga berfungsi sebagai media yang melapisi membran timpani yang dapat membantu janin untuk dapat mendengarkan suara dari luar. Jangan heran jika Anda mengucapkan sesuatu di dekat perut ibu, kemudian janin dalam kandungan bergerak. Itulah salah satu refleks dari janin ketika mendapatkan rangsangan suara dari luar.

Janin Bebas Bergerak
Fungsi air ketuban bagi janin juga sebagai ruang gerak janin di dalam kandungan menjadi lebih bebas. Karena di usia kehamilan trimester kedua, biasanya janin sudah mulai bergerak meski hanya dengan gerakan ringan. Maka dari itu, air ketuban sangat bermanfaat untuk membantu aktivitas janin dalam melakukan gerakan.

Demikianlah beberapa fungsi air ketuban bagi janin. Namun tidak hanya berfungsi dan bermanfaat bagi janin, karena cairan ketuban pun sangat penting untuk kesehatan ibu hamil. Maka jika ibu hamil mengelami pecah air ketuban ini sebagai tanda bahwa janin akan lahir dan segera bawa ibu ke dokter terdekat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

two × five =

%d bloggers like this: