Tips Atasi Gatal di Perut Wanita Hamil

Perut gatal selama masa kehamilan sangatlah mungkin terjadi karena adanya perubahan hormon kehamilan dan kulit yang merenggang seiring dengan perut yang membesar selama masa kehamilan. Rasa gatal tersebut dapat mengganggu kenyaman aktivitas Anda, untuk itu Anda perlu tahu tips atasi gatal di perut wanita hamil agar gatal yang Anda rasa segera berkurang atau bahkan menghilang.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Penyebab gatal pada wanita hamil
– Tips mengatasi gatal

Dikutip dari Kompas.com, perut gatal memang menjadi salah satu keluhan yang diderita para ibu hamil. Rasa gatal di bagian perut, semakin terasa setelah memasuki masa akhir kehamilan, karena kulit perut yang semakin merenggang. Di bawah ini beberapa tips atasi gatal di perut wanita hamil yang perlu Anda ketahui:

Jangan menggaruk
Bila Anda merasa gatal, pasti spontan Anda akan menggaruknya. Namun, menggaruk bukanlah hal yang baik untuk mengatasi rasa gatal. Jangan lawan rasa gatal Anda dengan garukan karena malah akan menyebabkan iritasi pada kulit Anda, luka, bahkan meninggalkan bekas.

Gunakan minyak kayu putih
Rasa gatal merupakan masalah kulit saat hamil yang sering dialami calon ibu. Oleskan minyak kayu putih setelah mandi dan sebelum tidur untuk menghilangkan rasa gatal. Selain menghilangkan gatal, minyak kayu putih juga bisa menghangatkan tubuh dan membuat tubuh Anda nyaman.

Oleskan pelembab
Rasa gatal bisa disebabkan oleh kulit Anda yang terlalu kering dan tidak lembab. Karena itu, Anda perlu mengoleskan pelembab ke kulit Anda untuk mengatasi gatal. Sensasi dingin yang Anda rasakan setelah memakai pelembab juga bisa membuat Anda lebih nyaman. Anda bisa mengoleskan pelembab ke kulit Anda sesering mungkin ke daerah rawan gatal, seperti di perut dan di sekitar dada. Hindari produk yang mengandung urea, minyak esensial, asam salisilat, atau retinoid. Jika mengoleskan pelembab belum bisa mengatasi gatal, Anda bisa mengoleskan krim antigatal ke area yang Anda rasa gatal. Serbuk dingin yang juga memiliki kandungan anti gatal juga bisa digunakan untuk mengobati gatal.

Perhatikan pakaian
Pakaian yang Anda kenakan akan bergesekan dengan kulit Anda dan ini bisa menjadi penyebab gatal Anda bahkan saat hamil Anda pun akan sering merasa panas dan berkeringat. Karena itu, Anda harus memilih pakaian bersih, kering, dan nyaman dipakai. Pakaian longgar dan ringan bisa membuat Anda nyaman saat memakainya.

Makan sayur dan buah
Selain mengobati kelembaban kulit dari luar, Anda bisa mengupayakan agar kulit lembab dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan janin Anda. Selain mengonsumsi buah dan sayuran, minum air putih setidaknya 8-10 gelas per hari juga bisa menjaga kelembaban kulit sehingga dapat mengurangi rasa gatal.

Hindari mandi air hangat
Mandi hangat mungkin bisa membuat tubuh Anda lebih segar. Namun, ini tidak bisa mengatasi rasa gatal Anda. Mandi dengan air hangat atau panas justru bisa meningkatkan risiko gatal. Anda juga harus menggunakan sabun pH rendah seperti sabun bayi.

Hindari udara panas
Rasa gatal akan semakin menjadi-jadi jika Anda berada di tempat yang panas. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari keluar rumah saat cuaca sedang panas, bahkan sinar ultraviolet dari matahari dapat memicu ruam pada kulit yang kering.

Kompres dingin area yang gatal
Mengompres area yang gatal dengan air dingin bisa membantu Anda mengatasi gatal. Sensasi dingin yang Anda rasakan juga bisa membuat Anda lebih nyaman dan rasa gatal berkurang.

Jangan cemas karena gatal di perut wanita hamil tidaklah berbahaya, hanya saja dapat mengganggu kenyamanan Anda. Jika tips diatas masih belum dapat menghilangkan rasa gatal Anda, maka segera periksakan ke dokter terdekat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =

%d bloggers like this: