Dampak Negatif Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

Ketika Anda hamil, alangkah baiknya memperhatikan bahan-bahan makanan dan minuman yang dikonsumsi, karena apa yang Anda konsumsi itulah juga yang akan bayi Anda konsumsi. Aroma kopi yang khas dan nikmat setelah diseduh tidak jarang menimbulkan rasa ingin menikmatinya, tidak terkecuali ibu hamil. Namun sebelum meminumnya Anda perlu tahu dampak negatif meminum kopi bagi ibu hamil yang kami rangkumkan di bawah ini.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang Kopi
– Batas maksimal mengkonsumsi kafein
– Dampak negatif akibat mengkonsumsi kopi bagi ibu hamil

Menurut Alodokter.com, tidak hanya asupan kopi yang perlu ibu hamil batasi namun juga seluruh makanan yang mengandung kafein seperti cokelat, teh dan minuman ringan. Kopi boleh saja dimimum hamil selagi masih sebatas wajar dan tidak berlebihan, batas maksimal konsumsi kopi bagi ibu hamil dalam sehari adalah 200mg atau dua gelas sehari. Jika kopi yang Anda konsumsi melebihi batas tersebut maka ketahuilah terdapat dampak negatif minum kopi bagi ibu hamil, seperti:

Insomnia
Apa yang dikonsumsi dan diminum oleh ibu hamil akan dikonsumsi dan diminum juga oleh janin yang dikandungnya. Minum kopi akan membuat bayi di dalam rahim terkena insomnia. Begitu pula saat lahir, bayi yang baru lahir akan menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tidur selama beberapa minggu pertama namun karena sang ibu selama kehamilan sering mengkonsumsi kopi akibatnya bayi yang telah lahir mengalami masalah tidur atau insomnia. Jika bayi tidak tidur karena insomnia, banyak kelainan akan terjadi pada bayi. Organ bayi tidak bisa berkembang dengan baik, bayi akan mudah rewel dan juga rentan terserang penyakit akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh dan menurun.

Denyut jantung
Saat wanita hamil mengonsumsi kopi, kandungan kafein akan melewati plasenta dan masuk menyerap ke dalam tubuh bayi. Saat itu, kondisi jantung bayi perlahan akan memetabolisme kandungan kafein yang masuk. Alhasil saat bayi lahir, maka mereka akan memiliki detak jantung yang cepat.

Gangguan perkembangan
Bayi di dalam kandungan sangat rentan terkena masalah gangguan perkembangan atau dengan kata lain cacat, hal ini salah satunya diakibatkan oleh sang ibu yang mengonsumsi kopi secara berlebihan. Selain itu kandungan kafein yang ada pada kopi dapat menyebabkan penyerapan gizi ibu hamil terhadap janin tidak dapat diserap sempurna, yang mengakibatkan janin kekurangan gizi dan memiliki berat badan rendah.

Lahir prematur
Wanita hamil yang kecanduan minum kopi bisa menyebabkan ibu hamil melahirkan bayi prematur. Bayi lahir sebelum genap berumur 38 minggu di dalam kandungan, ini akibat pengaruh zat berbahaya di kopi yang sering ibu hamil minum.

Aliran darah tidak lancar
Pembuluh darah di tubuh bayi akan mengecil akibat pengaruh ibunya yang sering meminum kopi selama kehamilan. Jika pembuluh darah mengecil akibatnya bayi akan memiliki aliran darah yang tidak lancar. Aliran darah yang tidak lancar mengganggu oksigen beredar ke seluruh tubuh dengan baik sehingga bayi rentan terkena berbagai masalah kesehatan.

Keguguran
Keguguran adalah salah satu efek yang paling umum saat wanita hamil memiliki kecenderungan mengkonsumsi kopi, apalagi mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang melebihi batas. Kafein dalam kopi bisa menyebabkan sensasi terbakar di perut atau rahim, janin muda tidak bisa bertahan dengan kondisi rahim yang panas. Rahim yang panas bisa membuat janin bisa menggugurkan dirinya sendiri dan akibatnya ibu hamil mengalami keguguran. Jika hal ini tidak ingin terjadi maka Anda perlu membaca tips & trik mencegah keguguran karena banyak faktor penyebab keguguran, bukan hanya kopi saja.

Kematian bayi
Wanita hamil yang gemar mengkonsumsi kopi memiliki kemungkinan besar akan melahirkan janin dalam keadaan mati, atau janin meninggal sebelum dilahirkan. Hal ini disebabkan lantaran kopi dapat membunuh bayi secara perlahan di dalam rahim ibu hamil.

Itulah beberapa dampak negatif yang timbul akibat ibu hamil sering mengkonsumsi kopi. Minum kopi boleh-boleh saja namun tetap ingat takaran yang normal dan tidak berlebihan. Jaga kandungan Anda dengan baik, lebih banyak konsumsi buah dan sayur itu jauh lebih baik untuk kesehatan Anda dan sang calon buah hati tercinta. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 9 =

%d bloggers like this: