7 Khasiat Asparagus Bagi Ibu Hamil

Asparagus merupakan tanaman dengan nama ilmiah asparagus officinalis, yang biasanya diolah menjadi sup asparagus. Selain dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani program diet, terdapat pula 7 khasiat asparagus bagi ibu hamil yang sangat baik jika dikonsumsi selama masa kehamilan. Janin di dalam kandungan akan bergantung 100% kepada asupan makanan yang dikonsumsi ibunya, maka dari itu asparagus menjadi salah satu asupan makanan yang baik untuk Anda dan janin.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang asparagus
– Khasiat asparagus bagi ibu hamil dan janin

Menurut Viva.co.id, asparagus merupakan jenis sayuran yang dapat tumbuh di daerah beriklim sedang dan dingin. Sayuran ini masih belum begitu familiar di masyarakat Indonesia dan terbilang sayuran mahal. Asparagus memiliki rasa pedas dan tekstur yang renyah. Di bawah ini 7 khasiat asparagus bagi ibu hamil:

1. Sumber Inulin
Kandungan inulin yang terdapat dalam asparagus merupakan salah satu jenis zat yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Khasiat dari inulin sangat baik untuk saluran pencernaan pada ibu hamil.

2. Sumber Vitamin C
Asparagus mengandung vitamin C yang cukup tinggi bagi ibu hamil. Kandungan vitamin C pada sayuran asparagus itu sendiri memiliki khasiat menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, mencegah infeksi dan masuknya bakteri penyebab penyakit.

3. Sumber Vitamin B6
Vitamin B6 yang terkandung di dalam asparagus memiliki khasiat sebagai penyedia nutrisi yang kompleks untuk kesehatan, dapat memperbaiki nutrisi yang masuk ke tubuh, dapat mencegah mual dan juga mengatur tekanan darah pada ibu hamil. Atau dapat juga membaca artikel kami sebelumnya tips mengatasi mual saat hamil muda.

4. Sumber Vitamin K
Vitamin K juga merupakan salah satu jenis vitamin yang ada pada sayuran asparagus. Vitamin ini tentu memainkan peran yang sangat penting bagi kesehatan ibu hamil seperti menjaga kesehatan kardiovaskular, menjaga fungsi pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

5. Sumber Antioksidan
Asparagus mengandung zat glutathione yang berkhasiat sebagai antioksidan, senyawa yang mampu melindungi tubuh ibu hamil dan janin dari ancaman radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dengan cara menghentikan dan membunuh pertumbuhan sel kanker. Radikal bebas bisa menyebabkan kerusakan DNA pada janin dan juga bisa menyebabkan ibu dan janin terserang berbagai penyakit, terutama yang berkaitan dengan kekebalan tubuh. Asparagus menjadi kabar baik untuk Anda, terutama bagi Anda yang memiliki keturunan penyakit kanker.

6. Sumber Asam Folat
Khasiat asparagus yakni sebagai sumber asupan asam folat yang tinggi. Asam folat merupakan nutrisi makanan yang sangat krusial dan sangat dibutuhkan oleh janin untuk menjamin kelancaran perkembangan organ-organ vitalnya, sekaligus mencegah kelainan bawaan atau cacat pada bayi. Khasiat asam folat dapat menjaga kesehatan ibu hamil, memperlancar peredaran darah, dan dapat menekan terjadinya serangan jantung.

7. Sumber Kalsium
Khasiat asparagus juga sebagai sumber kalsium sama seperti susu dan ikan teri. Seperti yang Anda ketahui, kalsium adalah zat gizi yang berfungsi untuk membantu menguatkan tulang dan gigi ibu hamil, dan pada saat bersamaan zat kalsium juga berkhasiat besar dalam pembentukan dan penguatan struktur sel tulang dan gigi janin, sehingga janin akan memiliki tulang dan gigi yang kuat dan tidak rapuh.

Itulah beberapa khasiat asparagus bagi ibu hamil. Konsumsilah asparagus selama masa kehamilan dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × three =

%d bloggers like this: