10 Tips Efektif Mengobati Sinusitis Anak

Saat anak menderita flu, perlu Anda ingat untuk segera menanganinya. Karena flu yang dibiarkan bertahan hingga berminggu-minggu dan tidak kunjung mereda ini bisa jadi akan menimbulkan gejala sinusitis. Namun ada pula sebagian anak menderita sinusitis akibat alergi tertentu. Untuk itu kami siapkan 10 tips efektif mengobati sinusitis anak agar Anda dapat kembalikan keceriaan si kecil seperti semula.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Tentang sinusitis
– Gejala sinusitis
– Tips efektif mengobati sinusitis

Menurut WordPress.com, sinusitis merupakan kondisi dimana seseorang menderita peradangan atau infeksi pada salah satu atau lebih rongga sinus. Gejala yang ditimbulkan dari sinusitis seperti hidung mampet, pilek, sakit kepala, kadang disertai deman dan lain sebagainya yang dapat membuat penderitanya merasa tidak nyaman saat bernafas.

Berikut ini 10 tips efektif mengobati sinusitis, antara lain:

1. Uap dengan Air Garam
Proses penguapan dengan air garam dilakukan dengan mencampur garam pada air panas yang ditempatkan ke dalam baskom air. Permukaan baskom yang berisi air ditutupi dengan kain tipis lalu buatlah anak untuk membungkukkan wajahnya pada kain tersebut sambil sesekali menghirup uap dari air garam. Tips ini dapat membantu mencairkan lendir yang ada di hidung sehingga bisa mengalir keluar, dan melegakan pernapasannya.

2. Kompres dengan Air Hangat
Terjadinya penyumbatan nafas ketika mengalami sinusitis tentu saja anak akan merasa sangat terganggu. Melakukan kompres dengan air hangat di pangkal hidung dan bawah mata diharapkan dapat sedikit melonggarkan jalan nafasnya.

3. Konsumsi Air Mineral Lebih Banyak
Jika Anak menderita sinusitis maka Anda dapat memberikannya banyak asupan cairan sebagai proses menstabilkan cairan dalam tubuh. Dengan asupan cairan tersebut kondisi tubuh akan jauh lebih bugar, sehingga sinusitis tidak semakin parah.

4. Berikan Minyak Kayu Putih
Bau yang menyegat dan tajam dari minyak kayu putih memang bisa meringankan hidung yang tersumbat, akan tetapi hal ini juga harus dilakukan di bawah pengawasan orang tua. Hindari memberi minyak kayu putih secara langsung dengan botol untuk dihirup karena ini tidak efektif. Berbeda dengan menempatkannya pada kain atau mencampurnya ke dalam air untuk dihirup uapnya sehingga lendir akan meleleh dan jalan napas akan terasa lebih lega. (Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Pada Bayi)

5. Konsumsi Makanan Kuah yang Hangat
Penderita sinusitis dapat melegakan pernafasannya tidak hanya melalui hidung, karena anak yang sinusitis pastinya juga mengalami gangguan pada tenggorokannya. Untuk itu salah satu tipsnya dengan memberi anak makanan hangat atau pedas yang dapat merangsang bersin sehingga pernapasan anak menjadi lebih lega.

6. Minuman Pelega
Agar kondisi sinusitis anak segera membaik, Anda dapat memberikannya asupan minuman antioksidan tinggi seperti jahe dan jeruk nipis. Sehingga jika Anda rutin memberikannya minuman pelega tersebut dipastikan produksi lendir (ingus) pada hidung anak akan berkurang.

7. Hindari Pemberian Susu
Apabila anak mengalami sinusitis sebaiknya hindari pemberian susu, atau kurangi jumlah susu yang diberikan. Hal ini dilakukan agar peradangan sembuh dengan cepat, mengingat susu itu memiliki kandungan yang bisa memperlambat penyembuhan peradangan pada hidung.

8. Bantu Anak Keluarkan Lendir
Bantu anak mengeluarkan lendir dihidung secara teratur. Hal ini dilakukan untuk menghindari penumpukan lendir di dalam hidung. Namun tetap perhatikan kondisi anak untuk menghindari iritasi.

9. Sajikan Jus buah
Pemberian asupan gizi tambahan melalui sari buah juga merupakan tips mengobati sinusitis, karena kondisi kekebalan tubuh menjadi membaik. Jus buah yang dapat diberikan seperti jus stroberi, lemon dan jus lainnya. Ingatlah untuk tidak memasukkan terlalu banyak gula.

10. Ingatkan Cuci Tangan dan Pakai Masker
Ingatkan anak untuk selalu cuci tangan karena hal tersebut sangat penting agar tidak memperburuk keberadaan kuman yang bisa mengontaminasi pernapasannya. Dan ingatkan pula untuk menggunakan masker setiap keluar rumah untuk mencegah terjadinya penularan kepada orang-orang disekitarnya.

Itulah 10 tips efektif mengobati sinusitis anak, jika hal tersebut telah dilakukan namun masih belum menunjukkan pemulihan. Maka segera bawa ke dokter untuk dapat penanggan lebih lanjut. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen + 19 =

%d bloggers like this: