Cara Terbaik Mengatasi Kembung Pada Bayi

Dalam masa pertumbuhan bayi masih sangat rentan mengalami masalah pencernaan karena sistem pencernaannya masih belum bekerja secara sempurna. Salah satu masalah pencernaan tersebut ialah perut kembung. Jika hal ini terjadi pada seorang bayi, biasanya bayi akan menunjukkan rasa tidak nyaman dan rewel sepanjang hari. Simak cara terbaik mengatasi kembung pada bayi di bawah ini.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Masalah perut kembung
– Cara terbaik mengatasi perut kembung

Menurut Alodokter.com, bagian perut bayi memang terdapat gas (udara), akan tetapi tidak semua bayi bisa dengan mudah mengeluarkan gas dari dalam perutnya, bayi membutuhkan bantuan untuk mengeluarkan gas tersebut.

Perut kembung terjadi karena jumlah gas yang berlebihan masuk ke dalam tubuh bayi, untuk menghindari hal ini Anda dapat membaca artikel kami sebelumnya tentang penyebab perut kembung pada bayi. Salah satu penyebabnya adalah kesalahan dalam teknik atau posisi menyusui. Berikut cara terbaik mengatasi kembung pada bayi, antara lain:

Menggunakan minyak telon
Anda bisa menggosok perut kembung bayi secara lembut dengan minyak telon untuk memberi kehangatan di tubuhnya. Mengoles minyak telon di sekitar perut dan punggung bayi dapat membantu mengusir gas yang terperangkap di dalam ususnya. Cara ini cukup efektif mengatasi perut kembung bayi jika Anda lakukan dengan telaten.

Gunakan irisan bawang merah
Irisan bawang merah dapat mengatasi masalah perut kembung yang diderita bayinya. Ekstrak bawang merah memberi sensasi hangat yang akan merangsang gas keluar melalui kentut. Meski terkesan kuno, tetapi tidak ada salahnya Anda juga mencoba cara yang satu ini.

Minum air hangat
Cara mengatasi perut kembung bayi yang lainnya ialah dengan memberikannya minum air hangat. Air hangat yang masuk ke usus kecil dapat mendorong gas yang menyebabkan perut kembung untuk keluar melalui kentut. Namun cara ini dapat diaplikasikan pada bayi yang berusia diatas 6 bulan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan air hangat untuk memandikan bayi. Cara ini bisa mengatasi perut kembung yang diderita bayi.

Menepuk lembut punggung bayi
Pada bayi berusia di bawah 6 bulan, Anda perlu menepuk bagian punggung bayi dengan lembut sambil menggendongnya. Anda bisa melakukan ini selama satu sampai dua menit sampai bayi bersendawa. Kembung mulai menurun saat bayi bersendawa.

Lakukan latihan pada bayi
Salah satu latihan yang bisa dilakukan dengan memegang kakinya lalu gerakkan perlahan-lahan. Cara ini bisa meningkatkan gerakan usus dan mempermudah bayi untuk membuang gas (kentut).

Membiarkan bayi aktif
Anda perlu melibatkan bayi dan membiarkannya melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk membantu bayi mengeluarkan gas di dalam perutnya. Gerakan tubuh yang aktif bisa membantu bayi mengeluarkan gas melalui sendawa.

Buat bayi seolah terbang
Gerakan terbaik yang bisa membantu mengeluarkan gas di dalam perut bayi Anda dengan cara membuat wajah bayi Anda di lengan Anda, lalu kaki bayi berada di atas pergelangan tangan yang lain. Berat badan bayi suah bertumpu di perut bayi dan kemudian dengan lembut menggosok punggung bayi. Gerakan seperti bayi terbang akan membantu menyingkirkan perut kembung dan perut bayi akan kembali lebih nyaman.

Biarkan bayi tengkurap lebih lama
Cara mengatasi perut kembung bayi dengan cara membiarkan bayi tengkurap lebih lama (lakukan cara ini pada bayi yang sudah bisa tengkurap). Bayi yang tertidur tengkurap akan membantu gas perut mendapatkan tekanan dari berat badannya. Yang akhirnya bayi Anda dapat membuang angin melalui sendawa atau kentut.

Demikianlah cara terbaik yang dapat Anda lakukan, jaga selalu kesehatan bayi agar Anda dapat selalu melihat tumbuh kembang dan senyumnya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

three × 5 =

%d bloggers like this: