8 Sumber Makanan Berkalsium Tinggi Untuk Si Kecil

Setiap orang tua pastinya senantiasa menjadikan kesehatan si kecil sebagai prioritasnya, mengingat usianya yang masih sangat kecil dan belum bisa mengurus diri sendiri. Susu merupakan salah satu sumber makanan berkalsium tinggi. Namun tidak hanya susu, karena terdapat 8 sumber makanan berkalsium tinggi untuk si kecil.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan info tentang:
– Apa itu kalsium?
– Sumber makanan berkalsium tinggi
– Jumlah kandungan dalam setiap sumber makanan

Kalsium adalah mineral penting yang sangat dibutuhkan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Terdapat 4 zat penting untuk menambah tinggi badan anak salah satunya kalsium. Di bawah ini 8 sumber makanan berkalsium tinggi untuk si kecil :

1. Ikan Sarden
Dalam tiga ons ikan sarden ternyata mengandung kalsium sebanyak 325 mg. Kalsium tinggi tersebut bisa didapat dalam bentuk ikan segar atau panggang. Usahakan untuk tidak membuang tulang sarden, karena tulang yang lunaknya mengandung kalsium cukup tinggi.

2. Ikan Salmon
Berdasarakan artikel yang dirilis oleh alodokter.com, salmon adalah ikan yang sering digunakan untuk membuat sushi di Jepang. Setiap mengkomsumsi enam ons daging ikan salmon mengandung kalsium sebanyak 181 mg dan juga mengandung vitamin D yang bisa meningkatkan penyerapan makanan dan mengurangi pembuangan dalam urine.

3. Biji Wijen
Meski kecil dan biasanya hanya berfungsi sebagai pelengkap di atas makanan saja, ternyata biji wijen memiliki jumlah kalsium yang cukup banyak. Untuk mendapat asupan kalsium sebanyak 160 mg setidaknya satu sendok makan biji wijen harus dikonsumsi dalam sehari. Agar tidak jenuh, Anda bisa mengonsumsi biji wijen bersama kue atau makanan ringan lainnya.

4. Pok Choy Kecil
Pok Choy kecil mengandung kalsium tinggi yang biasanya disajikan dengan cara ditumis. Satu cangkir pok choy kecil mengandung sekitar 75-80 mg kalsium. Konsumsi setidaknya empat cangkir secara rutin karena sangat baik untuk pertumbuhan tulang.

5. Kacang Merah
Kacang merah juga memiliki kalsium tinggi. Dalam satu cangkir kacang merah mengandung 78 mg kalsium. Anda dapat mengolahnya sebagai sup kacang merah agar si kecil mau memakannya.

6. Susu Kedelai
Susu kedelai bisa menjadi sumber kalsium terutama bagi anak-anak dengan intoleransi laktosa. Setiap satu cangkir (243 gram) susu kedelai, mengandung kalsium 61 mg. Susu kedelai bisa menggantikan posisi susu sapi dan akan menghasilkan efek yang sama dengan susu sapi biasa. Akan tetapi pastikan susu kedelai tersebut belum dicampur dengan bahan lain seperti pewarna dan lain sebagainya.

7. Kacang Almond
Kacang almond biasanya digunakan sebagai toping coklat. Rasanya yang khas membuat almond cukup populer di kalangan masyarakat. Setidaknya anak harus mengkonsumsi kacang almond sebanyak 15 gram untuk mendapatkan 35 mg kalsium yang baik untuk tubuh.

8. Brokoli
Kebanyakan anak akan menggelengkan kepala jika Anda disuruh makan sayuran. Padahal sayuran hijau terutama brokoli mengandung kalsium sangat tinggi. Setiap 50 gram sayuran ini bisa memberi setidaknya 30 mg kalsium. Usahakan selalu ada sayuran di piring anak Anda kapan pun mereka makan.

Memperhatikan asupan kalsium untuk si kecil sangatlah penting agar kesehatan dan kekuatan tulang maupun gigi si kecil tetap terjaga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =

%d bloggers like this: