Solusi Menanggulangi Gagap Pada Anak

Gagap bisa memiliki dampak yang beragam pada anak. Berawal dari masalah komunikasi, hingga dampak psikososial anak. Ketika gagap anak kemungkinan melakukan hal-hal nonverbal misalnya, mereka mungkin mengedipkan mata, meringis, atau mengepalkan tangan mereka. Maka dari itu kami memberikan solusi menanggulangi gagap pada anak agar anak lebih lancar dalam mengutarakan sesuatu saat bicara.

Gagap merupakan gangguan dalam pola bicara yang menyulitkan anak berbicara dengan fasih atau lancar. Atau kondisi ini dinamakan dengan disfluensi berbahasa. Anak-anak paling sering tergagap di awal sebuah kalimat, namun gagap juga bisa terjadi sepanjang kalimat. Pola gagap juga bisa terdengar sebagai perpanjangan suara. Terkadang, gagap juga melibatkan penghentian bicara sepenuhnya atau mulut yang bergerak untuk mengucapkan kata namun anak tersebut tidak bersuara.

Ketika anak telat bicara & sulit berkomunikasi juga termasuk mengapa gagap akhirnya dialami oleh anak, oleh karena itu peran serta Anda sebagai orang tua haruslah senantiasa perhatikan tumbuh kembang anak agar hal ini tidak terjadi dan jika pun terjadi bisa langsung Anda atasi.

Di bawah ini merupakan solusi menanggulangi gagap pada anak :

Perhatikan seksama ucapan anak
Dengarkan baik-baik dan seksama tentang apa yang anak Anda katakan. Jangan biarkan dia merasa Anda terganggu atau tidak sabar dalam mendengarkannya berbicara. Selain itu, hindari memotong pembicaraannya atau terus bertanya apa yang ingin dia katakan.

Latih dengan yoga
Yoga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan psikologis saja. Kegiatan ini juga dianjurkan untuk anak-anak dan orang dewasa yang mengalami masalah gagap. Bila dalam keadaan tegang atau khawatir anak akan mulai gagap karena mereka takut. Yoga dapat membuat seseorang lebih baik secara mental, lebih rileks, dan menjaga mood tetap bahagia.

Mintalah Anak Anda Membaca
Anda bisa mengajak anak Anda untuk membaca dengan suara keras. Membaca dengan suara keras bisa mengajari anak Anda bernafas dengan benar saat berbicara. Meski awalnya terasa sulit, coba bantu dia mencobanya perlahan. Teknik ini bisa membantu anak mengatasi gagap dalam jangka panjang.

Latihan pernapasan dengan benar
Untuk mengatasi masalah gagap pada anak diperlukan latihan pernafasan dan hembuskan napas secara teratur. Teknik ini bisa membantu anak berbicara dengan kecepatan sedang dan terarah.

Bicara dengan tenang
Cobalah untuk berbicara dengan tenang dan perlahan. Jadikan suasana rumah tenang, nyaman, dan mintalah anggota keluarga lainnya untuk berbicara dengan tenang kepada anak Anda. Hal ini juga dapat memberikan dirinya rasa percaya diri dalam mengatakan sesuatu pada lawan bicaranya.

Praktik di depan cermin
Mintalah anak mengucapkan beberapa kalimat dengan suara keras di depan cermin. Sebaiknya praktekkan metode ini setiap hari untuk mendapatkan hasil maksimal.

Hal lain yang harus dilakukan Anda sebagai orang tua adalah jangan terlalu sering memberikan pertanyaan sekaligus kepada anak, bicaralah dengan santai sehingga anak Anda juga merasa rileks. Terus bantu anak mengatasi kegagapannya dan dukung dirinya selalu setiap ia belajar mengutarakan kata-katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

thirteen − four =

%d bloggers like this: