Keuntungan Mengkonsumsi Yogurt Saat Hamil

Saat hamil banyak sekali yang harus Anda perhatikan, misalnya dalam soal makan. Pastinya ada beberapa pantangan dan kebiasaan makan yang mana diperbolehkan untuk dimakan dan mana yang tidak. Ini semua demi kebaikan dan kesehatan Anda dan sang buah hati tercinta. Banyak yang bertanya-tanya amankah yogurt bila dikonsumsi oleh ibu hamil? Jawabannya iya. Hal ini karena yogurt merupakan produk fermentasi susu yang didalamnya terdapat bakteri baik. Maka dari itu kami membahas beberapa keuntungan mengkonsumsi yogurt saat hamil untuk Anda.

Dari artikel sebelumnya yang pernah kami buat terdapat 10 jenis makanan yang dilarang untuk ibu hamil misalnya seafood, keju dan lain sebagainya. Meskipun yogurt aman dikonsumsi ibu hamil, ada baiknya juga Anda menghindari beberapa yogurt yang belum mengalami proses pasteurisasi. Karena hal ini bukan mendapatkan keuntungan malah akan berbahaya jika Anda konsumsi. Jangan juga memilih yogurt yang mengandung lemak tinggi (karena biasanya memiliki kandungan lemak jenuh yang tidak baik) maka pilihlah yogurt yang bebas lemak atau rendah lemak. Di bawah ini beberapa keuntungan mengkonsumsi yogurt saat hamil :

Memenuhi Kebutuhan Kalsium
Selama kehamilan, Anda memerlukan asupan kalsium yang sangat besar untuk Anda dan untuk janin yang ada di kandungan. Yogurt dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian Anda. Bayi di dalam kandungan membutuhkan kalsium sebanyak mungkin untuk membantu mempertahankan perkembangan sekaligus memperkuat struktur tulang dan gigi. Sementara Anda membutuhkan kalsium untuk menghindari risiko osteoporosis selama kehamilan.

Mengandung Omega-3
Yogurt memiliki kandungan omega-3 yang dibutuhkan tubuh karena mengandung lemak esensial. Tentu saja, dengan mengonsumsi yoghurt, Anda bisa memenuhi nutrisi yang sangat dibutuhkan Anda dan janin Anda. Selain itu, Omega-3 dari yogurt sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, terutama sistem saraf otak, mata dan menghindari janin dari penyakit jantung.

Mencegah Masalah Pencernaan
Anda bisa mencegah masalah pencernaan dengan mengonsumsi yogurt secara teratur. Bakteri Lactobacillus Acidophilus dalam yogurt adalah probiotik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri dalam saluran pencernaan Anda. Akibatnya proses pencernaan makanan akan berlangsung maksimal dan Anda juga akan terhindar dari risiko sembelit selama kehamilan. Namun, sebaiknya Anda mengonsumsi yoghurt tidak melebihi 200 gram per hari.

Pencegahan Cacat Tabung Saraf
Cacat pada tabung saraf bayi bisa disebabkan oleh kekurangan gizi pada ibu hamil selama trimester pertama. Tentu saja, pada trimester ini, ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi asam folat yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan organ penting pada bayi. Kurangnya asupan asam folat tentu akan berakibat pada kegagalan dan kecacatan pertumbuhan janin. Untuk itu, setiap 1 cangkir yogurt mengandung asam folat 18 mcg yang sangat dibutuhkan wanita hamil. Dengan mengonsumsi yoghurt, tentu saja Anda bisa terhindar dari kekurangan asam folat yang sangat penting bagi perkembangan janin di dalam kandungan Anda.

Asupan Protein
Protein yang terkandung dalam yogurt akan sangat membantu Anda dan janin untuk membuat Anda lebih sehat dan terhindar dari rasa lemas. Jadi, dengan minum yogurt Anda akan mendapatkan tubuh yang lebih bertenaga.

Menjaga Elektrolit Tetap Seimbang
Kandungan kalium yang terkandung dalam yogurt berfungsi menjaga keseimbangan elektrolit dan menjaga agar detak jantung tetap seimbang.

Itulah beberapa manfaat dan keuntungan yang diperoleh dari mengkonsumsi yogurt saat hamil. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda semua yang tengah mengandung buah cinta bersama suami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen + nineteen =

%d bloggers like this: