Cegah Karies Pada Gigi Balita

Gigi berlubang atau karies gigi adalah sesuatu yang cukup umum terjadi terutama pada anak-anak balita. Karies gigi pada balita biasanya terjadi pada baris gigi balita di bagian atas, tidak menutup kemungkinan karies juga bisa ditemukan di gigi bawah dan gigi samping. Untuk itu kali ini kami membahas beberapa tips untuk Anda cegah karies pada gigi balita.

Balita memang senang sekali mengkonsumsi makan-makanan manis, seperti permen, coklat, es krim, biskuit, dan makanan ringan manis lainnya. Kecenderungan ini sering tidak disertai dengan rutin sikat gigi yang baik. Kesalahan dalam memilih sikat gigi untuk anak mungkin menjadi salah satu faktor anak akhirnya malas menyikat giginya. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips memilih sikat gigi untuk anak agar anak akhirnya terbiasa dengan kebiasaan baik ini,

Kerusakan gigi sebenarnya bisa terjadi pada siapa saja, termasuk anak-anak. Jika tidak dijaga dengan baik atau sembarangan mengatur asupan ke dalam tubuh, bakteri akan tumbuh di gigi dan secara bertahap merusak gigi. Salah satu bentuk kerusakan gigi adalah karies. Jika tidak dicegah atau ditangani dengan baik dapat menyebabkan rasa sakit, gigi, penyakit ginjal, dan bahkan kematian. Umumnya pada usia 3 tahun, gigi susu depan terlihat ada lubang kecoklatan. Seringkali Anda juga menemukan anak usia 3-5 tahun dengan gigi yang sudah sangat parah. Hal ini sering membuat dia sakit gigi dan mengganggu aktivitasnya.

Di bawah ini beberapa tips cegah karies pada gigi balita sebagai berikut:

1. Hindari berbagi atau menggunakan bergantian peralatan makan atau minum dengan anak Anda. Sebaiknya, siapkan peralatan makan dan minum khusus untuk anak.

2. Saat gigi susu anak belum muncul, Ibu bisa membersihkan gusi dengan kain kassa yang dibasahi dengan air hangat setelah anak makan atau minum susu.

3. Jangan biarkan anak tertidur sambil minum susu dengan dotnya. Biasakan anak untuk minum susu sebelum tidur dan baringkan dalam kondisi tanpa dot.

4. Batasi pemberian makanan manis pada balita, selanjutnya mengganti dengan camilan sehat, seperti potongan buah dan keju.

5. Biasakan anak menyikat giginya dengan sikat gigi yang lembut setelah gigi susunya tumbuh. Dampingi anak saat menyikat gigi karena balita biasanya belum bisa menyikat gigi dengan benar. Ingatkan ia kebiasaan menyikat gigi minimal 2 kali setiap hari.

6. Ajak anak untuk ke dokter gigi secara teratur setelah usiamya 1 tahun. Rutin ke dokter gigi membuat anak terbiasa dan tidak takut dengan dokter gigi.

Semoga artikel cegah karies pada gigi balita ini bermanfaat untuk Anda melindungi gigi anak tetap bersih dan sehat sejak dini. Selamat tinggal karies gigi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 + four =

%d bloggers like this: