Bahaya Konsumsi MSG Bagi Ibu Hamil

Anda pastinya sudah tahu tentang MSG yang merupakan kepanjangan dari Monosodium Glutamat. Ini adalah salah satu bahan dapur yang mempunyai fungsi sebagai penyedap rasa untuk masakan. MSG juga sering disebut dengan micin. Meskipun penyedap rasa yang memiliki rasa gurih yang khas, tetapi ada baiknya Anda harus mengurangi atau menjauhkannya dari dapur. Karena ternyata hal ini memiliki bahaya jika ibu hamil mengkonsumsi MSG. Tidak hanya mempengaruhi kesehatan ibu hamil, tapi juga janin di rahim.

Saat hamil Anda pastinya harus dan wajib menjaga kesehatan diri Anda dan janin terdapat berbagai pantangan untuk ibu hamil misalnya mengkonsumsi MSG. Memang sejauh ini, mengonsumsi makanan MSG selama kehamilan tidak diketahui dapat menimbulkan risiko serius. Namun, beberapa orang dewasa mungkin memiliki reaksi sensitivitas tertentu terhadap MSG yang dapat menyebabkan efek samping seperti berkeringat, wajah memerah, jantung berdebar, sakit kepala (bahkan migrain), mual, nyeri dada, kelemahan, dan mati rasa atau kesemutan di wajah dan leher.

Nah, dibawah ini ada beberapa bahaya mengkonsumsi penyedap rasa atau MSG selama kehamilan, sebagai berikut:

1. Berbahaya bagi sistem saraf
MSG memiliki kandungan glutamat yang sangat berbahaya untuk kesehatan sistem saraf, terutama pada wanita hamil. Bahkan, saat ibu hamil mengkonsumsi glutamat sebanyak 10% saja, maka hal tersebut bisa merusak sistem saraf ibu hamil dan bahkan janin yang ada di rahimnya.

2. Pengembangan otak
Mengkonsumsi MSG selama kehamilan juga dapat memicu degenerasi sejumlah sel otak atau bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada perkembangan otak janin pada rahim.

3. Masalah jantung
Selain itu, mengkonsumsi MSG dalam jumlah besar bisa menyebabkan nyeri dada, tekanan darah tinggi, denyut nadi yang tinggi, yang dapat memicu serangan jantung pada wanita hamil. Karena selama kehamilan, wanita akan memiliki tekanan berlebihan pada jantung.

4. Obesitas
Sejumlah bahan yang terkandung dalam MSG atau bumbu penyedap rasa ternyata juga memiliki dampak buruk pada kelenjar pankreas. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk melepaskan cairan tertentu, yang bisa membuat orang merasa lapar dan makan berlebihan, sehingga pada akhirnya menyebabkan obesitas.

5. Berbahaya untuk mata
MSG juga memiliki dampak negatif yang sangat buruk pada sistem penglihatan Anda karena bisa merusak retina mata. Bahkan pada kasus yang parah, kandungan yang ditemukan pada bumbu atau MSG juga bisa menyebabkan kebutaan pada mata.

6. Penyakit kronis parah
MSG juga dapat menyebabkan bahkan memperburuk penyakit kronis pada wanita hamil, seperti tiroid, asma, diabetes dan alergi yang terjadi pada wanita hamil maupun janin yang ada di dalam rahim.

Demikian beberapa bahaya konsumsi MSG bagi ibu hamil, ada baiknya Anda yang sedang hamil perbanyak makan buah dan sayuran segar serta diikuti olahraga ringan agar kesehatan Anda dan janin di dalam rahim selalu sehat dan aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + eleven =

%d bloggers like this: