Bayi Tetap Tidur Nyenyak Tanpa Bedong

Kebanyakan bayi akan tidur nyenyak saat dibedong, mengapa bisa demikian? Mungkin karena hal ini dapat mengingatkan bayi saat berada di perut Bunda. Bedong merupakan cara terbaik dan tertua yang selalu digunakan untuk menenangkan bayi. Namun sebenarnya ada trik yang dapat Bunda terapkan agar bayi tetap tidur nyenyak tanpa bedong sekalipun.

Awalnya, banyak bayi nyaman dibalut dengan gaya burrito akan tetapi akhirnya memilih melepaskan diri dengan merenggangkan kedua tangannya (umumnya dilakukan saat usia bayi 3 bulan dan ini bermanfaat juga untuk menguatkan otot-ototnya). Meskipun bedong terbilang ampuh untuk menenangkan bayi namun ada 4 hal yang harus diperhatikan saat membendong bayi seperti kain, asupan maupun posisinya, jangan sampai hal ini malah membuatnya merasa tidak nyaman saat dibedong.

Lalu bagaimana bayi tetap tidur nyenyak tanpa bedong? Berikut adalah beberapa triknya yang bisa Bunda terapkan:

1. Ritual Tidur
Pastikan Anda membuat ritual tidur untuk si kecil, seperti menyanyikan lagu kesukaannya, ditimang-timang, atau mandi air panas. Anak akan belajar mengaitkan hal tersebut dengan tidur. Dengan begitu, ia akan tahu bahwa ini waktu tidurnya. Jadi si kecil akan terbiasa dengan ritual tidur masing-masing orang tua.

2. Posisi Anda Sebagai Anak
Tempatkan posisi Anda sebagai anak. Bagaimana cara Anda tidur? Berbaring di kamar yang gelap kah, dibalik kisi-kisi boks kah, tidur sendiri kah, tidur di kamar yang tenang kah atau tidur ingin dipeluk pengasuh kah. Jadi intinya ketahui terlebih dulu hasrat anak saat ingin tidur.

3. Coba Ayun-Ayun Bayi
Kebanyakan anak sangat senang “diayun-ayunkan”. Apakah ia yang nyaman dan senang berbaring di dada saat Bunda atau Ayah duduk dikursi goyang atau ditimang-timang. Jika ini masih tidak berhasil membuatnya tertidur, coba letakan carseat dalam mobil Anda kemudian ajak si kecil keliling kompleks sampai akhirnya ia pun tertidur. Barulah setelah itu letakan dia kedalam boks bayinya.

4. Buat Bayi Merasa Lelah
Buat bayi merasa lelah, biasanya setelah makan ia akan siap untuk tidur. Tempatkan ia di dalam gendongan dan berkeliling rumah. Setelah ia terlelap, buka gendongan dan tempatkan ia di dalam box bayinya. Ini salah satu tips ampuh untuk bayi yang tidak ingin tidur.

5. Nyalakan Musik
Nyalakan lagu anak seperti nina bobo favorit banyak anak, atau rekam suara Bunda untuk menyanyikan lagu tersebut. Pasang lagu-lagu ini saat mendekati waktu tidur hingga dia belajar mengkaitkannya dengan waktu tidur.

6. Hati-Hati Dengan Pilihan Cara Tidur
Hati-hati dengan pilihan cara tidur. Bayi harus tetap dijaga saat terlelap. Hindari metode tidur yang keras, misalnya membiarkan dia menangis sampai akhirnya tertidur, apalagi bila dilakukan pada bayi yang masih terlalu kecil. Hal itu bisa membuatnya gelisah, bayi pun merasa takut tidur. Jadi, pilihlah metode tidur yang sehat agar bayi merasa bahagia dan aman.

Nah begitulah trik bayi tidur nyenyak tanpa bedong. Semoga bisa membantu Bunda agar tidak kesulitan lagi saat menidurkan sang buah hati tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 5 =

%d bloggers like this: