Obat Alami Sakit Gigi Saat Hamil

Saat sakit gigi menyerang, segalanya terasa tidak enak dan tidak nyaman. Apalagi jika yang terserang sakit gigi merupakan seorang ibu hamil. Bunda yang sedang mengandung harus jeli dalam memilih obat yang baik untuk menyembuhkan sakit gigi Bunda, pikirkan obat yang akan dikonsumsi tersebut aman dan tidak menimbulkan efek samping untuk janin dalam kandungan. Ada baiknya pilih obat alami sakit gigi saat hamil sebagai solusi pengobatannya.

Sakit gigi adalah permasalahan yang banyak ditemui pada siapa saja termasuk ibu hamil, namun memilih obat sakit gigi saat hamil tidak boleh sembarang. Sebab obat yang akan dikonsumsi dapat memberikan pengaruh pada janin. Bila perlu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda jika dirasa sakit gigi tidak kunjung menghilang.

Sebab ibu hamil sangat rentan terkena penyakit gigi dan gusi, hal ini disebabkan karena pengaruh hormon pada kehamilan. Hormon kehamilanlah yang menjadi penyebab utama gigi menjadi sensitif, dan alangkah baiknya ibu hamil menghindari antibiotik pereda sakit, karena terdapat bahaya mengkonsumsi antibiotik saat hamil, yang dapat mempengaruhi perkembangan janin.

Terdapat berbagai macam bahan obat alami yang mudah ditemukan dan dapat menjadi obat sakit gigi saat hamil. Berikut beberapa diantaranya yang bisa Anda pilih dan coba:

1. Campuran Merica dan Garam
Garam dan merica merupakan salah satu ramuan yang sering digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi masalah di mulut, termasuk sakit gigi. Keduanya bisa membantu menghilangkan bakteri yang menyebabkan radang di rongga mulut sehingga sakit gigi cepat sembuh.

Caranya adalah dengan mencampur lada dan garam secukupnya. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk menggosok gigi yang sakit. Bisa ditambah air untuk memudahkan penyebarannya. Diamkan beberapa menit, lalu kumur untuk membilasnya. Lakukan ini setiap hari dan hentikan jika gigi tidak sakit lagi.

2. Minyak Cengkeh
Minyak cengkeh dapat membantu meringankan rasa sakit yang terjadi saat sakit gigi. Kandungan zat aktif euugenol didalamnya merupakan pereda nyeri alami, rasanya yang hangat akan menenangkan rasa nyeri dan sakit pun akan berangsur-angsur membaik.

Caranya juga sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan minyak cengkeh pada gigi yang sakit. Setelah beberapa menit berlalu, kumur lagi sampai bersih.

3. Bawang Putih
Tidak hanya bisa digunakan dalam memasak, bawang putih juga bisa mengatasi sakit gigi. Karena bawang putih mengandung asam amino yang bila dihaluskan atau dipotong asam amino akan berubah menjadi alisin. Senyawa alisin itu sendiri bersifat antibakteri dan anti inflamasi, yang bisa meredakan radang dan nyeri pada gigi dan gusi.

Cara mengolah bawang putih menjadi obat sakit gigi juga sangat mudah, yaitu hanya dengan menghaluskan dan campur dengan sedikit garam. Lalu tempatkan pada bagian yang sakit, jadi cara ini tidak mempengaruhi janin karena tidak masuk ke dalam tubuh.

4. Daun Jambu
Daun jambu yang memiliki kandungan anti inflamasi, anti mikroba dan analgesik yang berkhasiat mengurangi rasa nyeri pada gigi yang sakit.

Wanita hamil bisa mengunyah satu helai daun jambu muda sampai lembut dan berefek pada daerah gigi yang sakit itu. Atau juga bisa merebus beberapa lembar daun dengan 2 gelas air hingga menyusut menjadi satu gelas saja, lalu biarkan dingin untuk menjadi obat kumur setiap pagi dan malam hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

six + fourteen =

%d bloggers like this: