Manfaat Pijat Setelah Melahirkan

Wanita mengalami berbagai perubahan bentuk tubuh selama kehamilan. Sistem organ pada wanita juga mengalami perubahan, terutama organ reproduksi. Nah, setelah kehamilan dan persalinan, masalah fisik dan organ tubuh wanita masih berlanjut. Inilah sebabnya, wanita butuh perawatan setelah melahirkan. Manfaat pijat setelah melahirkan dapat memperkuat otot yang lemah, memudahkan ASI, serta relaksasi karena kelelahan setelah melahirkan.

Kehamilan selama sembilan bulan membuat tubuh Anda mengalami perubahan yang luar biasa. Begitu bayi lahir, tubuh Anda akan mengalami proses pemulihan seperti kembalinya ukuran uterus, keluarnya cairan dari vagina dan kelelahan setelah melalui proses persalinan. Beberapa ibu mungkin juga mengalami stres dan emosi yang tidak stabil berkaitan dengan perubahan hormonal yang terjadi setelah melahirkan. Terdapat banyak perawatan tradisional pasca melahirkan salah satunya pijat setelah melahirkan yang dapat memberikan beberapa manfaat dan secara efektif membantu pemulihan ibu saat melahirkan, seperti mengurangi beberapa titik kelelahan di tubuh, melepaskan ketegangan otot, meningkatkan sirkulasi darah, dan memperbaiki gerakan sendi dan peremajaan tubuh. Berikut diantara manfaat pjiat setelah melahirkan:

1. Tubuh akan melepaskan hormon endorfin atau hormon bahagia, pembunuh rasa sakit alami yang disekresikan oleh kelenjar otak. Rasa sakit saat melahirkan akan terasa berkurang.

2. Dapat mengembalikam kondisi tubuh Anda seperti sebelum hamil. Gerakan meremas dan mengelus dari pijat dapat membantu mengencangkan otot perut. Secara perlahan, ini bisa membantu mengembalikan kondisi tubuh agar kembali fit.

3. Selama proses persalinan terjadi ketegangan pada tubuh, terutama di bagian perut, punggung bagian belakang, dan pinggul. Dengan pemijatan, aliran darah dalam tubuh dan suplai oksigen ke otot meningkat dengan lancar sehingga otot menjadi lebih rileks.

4. Mengurangi rasa kram dan kejang.

5. Mengurangi depresi secara alami dengan menekan zat kimia yang membuat depresi di dalam tubuh. Pijat juga membantu mengurangi masalah yang bisa terjadi pada jantung.

6. Meningkatkan imunitas karena gelombang aliran kelenjar getah bening.

7. Dapat memudarkan stretch mark atau bekas luka dengan menggunakan minyak pijat khususnya minyak pijat almond.

8. Tubuh melepaskan hormon oksitosin dan menekan produksi hormon kortisol. Hormon oksitosin memicu refleks yang mampu mendorong ASI keluar dari payudara sehingga lebih mudah menyusui. Semakin sering Anda melakukan pijat di daerah payudara, maka akan diluncurkan produksi susu. Pijat di payudara akan membuka katup pada kantong ASI dan mengurangi risiko mastitis atau radang pada jaringan payudara.

9. Melancarkan peredaran darah untuk mencegah thorombosis.

10. Mempercepat pemulihan operasi Caesar, karena meningkatkan sirkulasi dan merangsang proses penyembuhan organ dalam.

Agar perawatan tubuh dilakukan dengan benar dan aman, Anda harus memilih terapis yang telah mendapatkan sertifikasi dan secara khusus menangani perawatan setelah melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 11 =

%d bloggers like this: