Tips Mengajak Anak yang Sakit Dalam Perjalanan

Ketika berpergian jauh atau mudik saat lebaran, ada baiknya Anda memperhatikan segala hal jika ingin mengajak si kecil menempuh perjalanan. Lamanya perjalanan, pergantian lingkungan, hingga cuaca yang tak menentu berisiko menyebabkan anak kelelahan pada daya tahan tubuh menurun dan akhirnya jatuh sakit. Lantas apa yang harus dilakukan saat anak tiba-tiba tepar dalam perjalanan? Untuk itu, kami akan memberikan beberapa tips mengajak anak yang sakit dalam perjalanan sehingga Anda bisa mengantisipasinya di kemudian hari.

Di kesempatan sebelumnya, kami juga telah memberikan tips menjaga kesehatan anak saat melakukan perjalanan jauh, terlebih lagi jika alat transportasi yang digunakan membuat anak cepat mabuk. Menurut Pelangi Midi Prathami, S. Psi selaku Psikolog mengatakan bahwa orang tua harus mengetahui kondisi kesehatan anak terlebih dahulu. Jika anak Anda rentan terhadap penyakit atau masalah pencernaan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum berpergian.

Satu hal yang paling penting bagi Anda sebagai orang tua, janganlah panik, Anda harus tetap waspada dengan mengamati kondisi anak apakah perlu obat atau tidak. Jangan sampai anak menangis terlalu lama, Anda perlu menghentikan kendaraan sejenak.

Perlu diketahui bahwa lebih dari lima jam perjalanan, seorang anak mulai dalam tekanan, sehingga Anda harus tahu apa yang dilakukan, misalnya anak demam dan segera dikompres. Jika mengalami gangguan pencernaan atau apa penyebabnya makan, bawa obat yang dibutuhkan anak. Anda juga memerlukan dukungan suami saat sedang merawat anak. Semangat sang ayah bisa membuat anak tidak panik.

Supaya anak nyaman, sebaiknya Anda memijat tubuhnya dengan minyak kayu putih atau minyak telon. Usahakan juga agar anak tidak berkeringat terlalu banyak, karena inilah yang membuat anak menjadi rewel. Untuk mengetahui ada gangguan pencernaan atau gangguan pernafasan pada anak, maka Anda bisa menemui dokter sebelum berangkat dengan menceritakan rencana dan situasi perjalanan ke dokter.

Berikut ini tips-tips jitu yang perlu Anda siapkan saat membawa anak dalam perjalanan jauh:

1. Bawa obat-obatan dasar (P3K)
Bawalah obat batuk, demam, pilek, mabuk, minyak kayu putih, plester dan semua persediaan kesehatan umum lainnya.

2. Bawa obat khusus
Jika anak menderita penyakit tertentu seperti asma, alergi dan lain-lain, pastikan membawa peralatan dan obat-obatan yang cukup untuk berjaga-jaga.

3. Menjaga makanan sehat
Berikan asupan nutrisi yang sehat, sebelum, selama, dan setelah berpergian dan pulang. Anak cenderung mudah lelah, jadi penting untuk menjaga ketahanannya tetap bugar dan bahagia selama perjalanan dan pulang.

4. Bawa barang favorit anak Anda
Jika ia demam, segera usahakan agar anak Anda tidak rewel, ada baiknya jika Anda membawa mainan kesukaannya agar anak merasa nyaman dan cepat sembuh.

Itu beberapa tips yang bisa Anda lakukan jika berpegian jauh namun khawatir anak akan sakit mendadak ditengah jalan. Tak perlu khawatir tidak ada dokter, karena Anda bisa mengatasinya sendiri. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × five =

%d bloggers like this: