Mengetahui Berat Badan Ideal Anak Sesuai Usia

Sebagai orang tua, mungkin pernah terlintas dalam benak Anda mengenai berat badan ideal untuk anak. Apakah si kecil memiliki berat ideal yang seimbang dengan beratnya? Apakah justru berlebihan atau kekurangan? Di samping itu, bentuk tubuh yang proporsional akan berkembang sejalan dengan penambahan usia juga. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui berat badan ideal anak sesuai usia, sehingga Anda dapat mengontrol asupan makan si kecil sehari-hari.

Berbicara soal berat badan, kami juga telah menjelaskan tentang obesitas pada anak, yang bisa membuat kesehatannya terganggu. Bahkan obesitas bisa menyebabkan masalah serius dan beresiko kematian. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan penambahan berat badan ini supaya kesehatan si kecil tetap terjaga.

Berikut ini ketentuan berat badan ideal pada anak sesuai usianya:

0-3 bulan
Pada minggu pertama setelah kelahiran, bayi akan menurunkan berat badan hingga 10 persen dari berat lahirnya. Ini wajar dan tidak perlu dikhawatirkan. Pada akhir minggu pertama, berat badan bayi akan meningkat lagi dan mencapai berat lahir kembali. Hingga usianya naik 3 bulan, berat badan bayi akan naik sekitar 150-190 gram per minggu.

4-6 bulan
Pada usia ini, kenaikan berat badan bayi berada di kisaran 90-127 gram per minggu. Saat ini bayi mulai menunjukkan tanda kesiapan untuk mengkonsumsi makanan padat. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan agar bayi mulai mengonsumsi makanan pendamping susu padat (MPASI) mulai usia 6 bulan.

7-9 bulan
Masa pengenalan MPASI dapat menyebabkan bayi menurunkan berat badan. Ini wajar, karena bayi masih dalam adaptasi. Begitu bayi terbiasa dengan makanan padat, berat badannya akan naik sebanyak 2-6 kilogram per bulan.

10-12 bulan
Saat ini, berat badan anak tidak lagi terlalu banyak meningkat, yaitu sekitar 1,5-3,6 kilogram per bulan. Ini karena perkembangan motorik yang berkembang pesat membuat gerakannya sedikit lebih aktif, sehingga kalori juga lebih banyak keluar. Anda tidak perlu khawatir asalkan asupan makanan mereka tetap sehat sehingga akan menjaga berat badan anak tetap ideal.

2-8 tahun
Tubuh anak perempuan yang berumur 2 tahun biasanya mempunyai tinggi rata-rata 86 sentimeter dan berat 12 kilogram. Pada usia 4 tahun, tinggi rata-rata akan menjadi 102 cm dan berat badan anak menjadi 15 kg. Memasuki usia 6 tahun, anak akan memiliki tinggi 114 cm. Sedangkan bobotnya menjadi 21 kg. Hingga beranjak usia 8 tahun, tinggi badannya akan berubah menjadi 127 cm dan berat badannya meningkat menjadi 26 kg. Pada rentang usia ini tinggi rata-rata dan berat anak laki-laki relatif sama.

10-14 tahun
Masa ini anak akan beranjak dewasa, dimana anak perempuan dengan usia 10 tahun akan memiliki berat badan ideal rata-rata 33 kg dengan tinggi 137 cm. Pada usia 12, tinggi badan akan meningkat secara signifikan hingga 150 cm dan berat badan akan meningkat menjadi 42 kg. Saat remaja tersebut tiba, yaitu 14 tahun, tinggi rata-rata adalah 160 cm dan berat tubuhnya berubah menjadi 49 kg.

Berbeda dengan anak perempuan, anak laki-laki memiliki kenaikan tinggi badan yang relatif lebih tinggi. Sedangkan untuk bobot, penambahannya relatif lebih rendah dibanding anak perempuan. Umur 10 tahun anak laki-laki akan memiliki tinggi 140 cm. Sedangkan bobotnya akan diimbangi jadi 32 kg. Memasuki usia 12 tahun, tinggi badan sampai 147 cm dan berat badan akan berubah menjadi 41 kg. Pada usia 14 tahun tinggi anak laki-laki akan menjadi 163 cm dan berat badan anak bisa meningkat menjadi 51kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 11 =

%d bloggers like this: