Makanan Pereda Nyeri Saat Bayi Tumbuh Gigi

Ketika bayi berusia 6 bulan, biasanya gigi-gigi muda akan mulai tumbuh. Namun, proses tumbuh gigi bukanlah hal yang menyenangkan bagi bayi karena rasa sakit yang dirasakannya. Bayi Anda secara otomatis akan menjadi lebih rewel dan juga menolak makanan lunak yang Anda berikan. Maka dari itu ada beberapa makanan pereda nyeri saat bayi tumbuh gigi yang kami uraikan pada kesempatan kali ini.

Dalam artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Usia bayi mulai tumbuh gigi
– Makanan pereda nyeri saat bayi tumbuh gigi

Gigi susu anak umumnya mulai keluar satu per satu (atau 2 sekaligus) pada usia 6 bulan hingga 2 setengah tahun. Umumnya, waktu terburuk untuk bayi adalah ketika gigi pertama keluar dan ketika gigi gerahamnya tumbuh pada usia 1 tahun ke atas. Suka menggigit adalah salah satu hal yang terjadi pada anak saat tumbuh gigi. Tidak ada yang bisa memastikan juga berapa lama gigi dapat keluar sepenuhnya dari gusi. Proses inilah yang menyebabkan ketidaknyamanan pada bayi, hingga dia enggan makan.

Untuk mengatasi hal ini, tawarkan makanan lunak seperti bubur, buah atau sayuran yang dikukus dan kemudian dihancurkan. Berikut ini beberapa makanan pereda nyeri saat bayi tumbuh gigi, antara lain:

Timun
Sayuran yang menyegarkan ini memiliki manfaat yang tidak terduga, yaitu dapat meringankan rasa sakit yang dialami bayi selama pertumbuhan giginya. Selain itu, mentimun memiliki sifat hemostasis yang berfungsi untuk memperlancar aliran darah di gusi sekaligus mencegah pendarahan pada gusi yang mungkin terjadi ketika gigi bayi tumbuh. Anda bisa mencampur mentimun yang telah dihaluskan dengan bubur untuk bayi Anda.

Pisang
Buah kuning dengan rasa manis ini bisa menjadi makanan alternatif bagi bayi yang tumbuh gigi. Rasa manis pisang sangat disukai oleh bayi, dan juga tekstur buah yang lembut juga dapat dikonsumsi oleh bayi dengan mudah tanpa menyebabkan rasa sakit. Pilih pisang yang matang dan hancurkan pisang sampai benar-benar lembut.

Ayam
Dikutip dari Merdeka.com, si kecil sangat menyukai rasa ayam yang lezat. Ini juga makanan terbaik meredakan nyeri gigi bayi saat mereka tumbuh gigi.

Keju
Produk olahan susu ini sangat terkenal karena kandungan kalsiumnya yang sangat tinggi. Kalsium tidak hanya berguna untuk membantu memperkuat tulang tetapi juga menguatkan gigi sehingga gigi anak Anda tidak mudah keropos. Selain itu, keju memiliki rasa creamy dan asin yang sangat enak sehingga disukai oleh si kecil. Tekstur keju juga cukup kenyal dan pas sehingga tidak menimbulkan rasa sakit saat bayi mengunyahnya.

Alpukat
Biarkan bayi Anda mengunyah alpukat untuk meredakan rasa sakit saat tumbuh gigi. Alpukat juga mengandung banyak vitamin A dan kalsium yang penting untuk memenuhi nutrisinya.

Wortel
Mengunyah wortel dapat membantu menekan rasa sakit selama tumbuh gigi. Bayi juga menyukai rasa wortel yang manis dan kenyal.

Demikian beberapa makanan pereda nyeri gigi saat bayi tumbuh gigi. Selain makanan, Anda juga harus menggunakan sendok yang terbuat dari karet, karena biasanya bayi suka menggigit sendok saat sedang tumbuh gigi. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 1 =

%d bloggers like this: